beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

4 Tanda Kamu Terjebak dalam One Sided Love

Alfian Muntahanatul Ulya, 7 November 2022 23.13.31
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tanda Kamu Terjebak dalam One Sided Love
Image: Ilustrasi pasangan kekasih (Freepik/Freepik)

Jakarta - Jatuh cinta memang momen yang membahagiakan, tapi dengan catatan bahwa perasaanmu terbalas tak bertepuk sebelah tangan dan kalian memiliki hubungan timbal balik.

Tapi apa yang terjadi jika pihak yang naksir hanya kamu saja? Tentu pengalaman ini bisa menjadi pressure tersendiri karena rasa sakit akibat cinta yang bertepuk sebelah tangan.

Melansir Healthline, seorang terapis berlisensi, Kim Egel mengatakan one sided love ini bisa muncul dalam berbagai cara, termasuk dalam casual dating di mana kedua pihak berkomitmen untuk pacaran.

Mengapa demikian? Egel menuturkan, one sided love bisa terjadi dalam hubungan romantis karena perbedaan intentions dari sepasang kekasih. Sebut saja salah satunya sudah cukup serius menjalani hubungan, sedangkan yang lain masih ingin main-main.

Lantas apa saja ciri hubungan semacam ini? Berikut adalah beberapa hal spesifik yang mungkin menunjukkan bahwa kamu terjebak dalam one sided love.

1. Koneksi yang Nggak Mendalam

Kamu mungkin punya keinginan untuk menjelajahi hubungan yang lebih dalam, jadi kamu berusaha mengajak pasangan untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama. 

Tapi sebaliknya, mereka justru menjaga jarak saat kamu melakukan hal itu. Kurangnya minat mereka secara emosional ini menjadi salah satu tanda bahwa hubungan yang kalian jalani hanya berdasar cinta dari salah satu pihak saja. 

2. Jarang Ngerasa Senang

Cinta yang nggak berbalas akan sering melibatkan siklus emosi, namun hanya sedikit rasa senang yang kamu rasakan.

Egel menjelaskan, pola itu biasanya dimulai saat kamu berharap hubungan kalian bisa berjalan harmonis, tapi justru mengalami kegagalan dan penolakan. Akibatnya, muncul emosi termasuk kesedihan, kemarahan, dendam, kecemasan, dan rasa malu.

3. Slow Response

Jika tanda yang satu ini pernah kamu alami, jelas saja mengisyaratkan bahwa dia nggak memiliki ketertarikan terhadapmu. Tapi bisa saja dia tengah sibuk, ya nggak sih?

Sebenarnya ada banyak kemungkinan, tapi sederhana saja, mau sesibuk apapun seseorang, ketika dia menjadikanmu salah satu prioritasnya, dia akan menyempatkan waktu untuk sekadar memberimu kabar. Bukankan itu hal yang mudah?

4. Kamu Sibuk Minta Maaf

Ketika kamu berbuat salah, memang sudah sewajarnya meminta maaf dan berusaha nggak mengulangi kesalahan yang sama. Tapi bagaimana jika kondisinya, salah atau tidak, kamu selalu jadi pihak yang minta maaf?

Saat terjebak dalam one sided love, kamu cenderung merasa bahwa semua konflik yang terjadi di antara kalian adalah salah dan tanggung jawabmu. Jadi kamu harus selalu mengalah. 

Kalau tanda-tanda di atas pernah atau tengah kamu alami, ada baiknya kamu segera cross-check lagi. Apakah hubungan kalian layak untuk diteruskan, atau cukup disudahi saja.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait