menu
user
URnews

Hadapi Pandemi, Traveloka Punya Inovasi untuk Mitra dan Pengguna 

Anisa Kurniasih,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hadapi Pandemi, Traveloka Punya Inovasi untuk Mitra dan Pengguna 
Image: Ilustrasi Traveloka (Traveloka)

Jakarta - Tak dapat dipungkiri, hadirnya pandemi corona sangat memukul keras sektor pariwisata termasuk di Indonesia. Sebagai perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital, Traveloka pun terus berusaha menunjukkan eksistensi dan kapabilitasnya.

Hal tersebut ditunjukkan melalui pemanfaatan teknologi dengan menghadirkan berbagai produk, layanan, dan solusi inovatif yang berpusat pada kebutuhan pengguna dan mitra, terutama di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini.

Alfonso Hartanto, Senior Vice President Platforms Traveloka, mengatakan bahwa sebagai perusahaan teknologi, Traveloka memposisikan teknologi sebagai dasar pengembangan produk, layanan, dan solusi yang dihadirkan agar sejalan dengan kebutuhan seluruh stakeholders.

Menurutnya, setiap inovasi yang lahir berangkat dari analisa mendalam terhadap perilaku maupun kesulitan yang dialami oleh pengguna dan mitra. 

“Hingga kini, kami terus berusaha memahami kebutuhan pengguna, mitra, maupun pemangku kepentingan lainnya yang terus berkembang dan menjembataninya dengan menghadirkan solusi berbasis teknologi yang paling sesuai dan relevan untuk mereka,” ujar Alfonso dalam keterangan resminya, dikutip Senin (29/3/2021).

Menurut Alfonso, pandemi telah mengubah perilaku pengguna secara signifikan, termasuk di antaranya konsumsi informasi online yang semakin meningkat karena banyak pengguna yang bekerja dari rumah serta adanya kekhawatiran ketika akan keluar rumah atau bepergian. 

“Prioritas kami selama pandemi masih sama seperti sebelumnya, yaitu menghadirkan solusi inovatif yang relevan dengan situasi saat ini,” sambungnya.

Untuk menjawab kebutuhan pengguna misalnya, Traveloka menyediakan informasi terkini terkait COVID-19 dan dampaknya terhadap regulasi perjalanan di setiap negara.

Selain itu, memperkenalkan program live stream yang menawarkan berbagai promosi produk Traveloka secara informatif dan menghibur sambil pada saat yang bersamaan juga membantu mitra, terutama UMKM, dalam mempertahankan bisnisnya di tengah situasi sulit saat ini.

“Kami juga memberikan dukungan kepada mitra melalui edukasi berkala terkait protokol kesehatan dan merekomendasikan mereka yang telah mendapatkan sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di platform Traveloka melalui badge Traveloka Clean Partners, kata dia.

Sebagai salah satu upaya Traveloka dalam menghadirkan penawaran terbaik bagi pengguna, berkontribusi terhadap kelangsungan bisnis para mitra, serta mendukung pemerintah dalam upaya pemulihan pariwisata domestik, Traveloka akan kembali menggelar EPIC Sale 2021 di bulan Maret ini loh guys.

1616579675-traveloka-epic-sale.jpgSumber: Konferensi pers Traveloka EPIC Sale 2021. (Zoom)

Ajang promosi terbesar yang menjadi andalan perusahaan ini akan berlangsung mulai dari 25 hingga 31 Maret 2021 dan akan menawarkan berbagai penawaran spesial hingga 80% untuk hampir seluruh produk dan layanan yang ada di platform Traveloka, mulai dari tiket pesawat, hotel, Xperience, antar-jemput bandara, shuttle/travel antar kota, rental mobil, Eats, hingga asuransi.

Memanfaatkan kanal livestream sebagai medium utama, Traveloka siap menginisiasi kerja sama dengan ribuan mitra di tanah air untukmemberikan penawaran menarik dari para mitra maupun inspirasi menarik seputar destinasi wisata.

Mengingat adanya kenaikan traffic hingga 5.8 juta pengunjung saat EPIC Sale diadakan tahun lalu, Alfonso mengatakan bahwa Traveloka telah melakukan persiapan menyeluruh untuk memastikan kelancaran program tersebut.

“Belajar dari pengalaman tahun lalu, Traveloka menyiapkan diri dengan melakukan pengujian sebanyak dan sesering mungkin di setiap komponen untuk memastikan tidak ada sistem yang down, terutama saat traffic sedang tinggi-tingginya. 

“Kami juga menyiapkan berbagai skenario sebagai bentuk rencana mitigasi apabila misalnya ada yang down, sehingga pengguna tidak merasa terganggu dan tetap memberikan dukungan sistem yang optimal bagi para mitra,” kata Alfonso.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait