beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Hari Disabilitas Internasional 2020: Sejarah, Arti hingga Tema

Shelly Lisdya,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hari Disabilitas Internasional 2020: Sejarah, Arti hingga Tema
Image: Hari Disabilitas Internasional. (Ilustrasi/Pixabay)

Jakarta - Setiap tanggal 3 Desember, dunia tengah memperingati Hari Disabilitas Internasional.

Peringatan tahunan Hari Disabilitas Internasional ini pertama kali ditetapkan oleh resolusi Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1992.

Pada peringatan tahun ini, difokuskan untuk mempromosikan kesejahteraan dan hak-hak para penyandang disabilitas di setiap bidang masyarakat dan pembangunan. Hari ini juga bertujuan untuk menyebarkan kesadaran akan situasi di setiap aspek kehidupan sosial, politik, ekonomi dan budaya.

Sejarah Hari Disabilitas Internasional

Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1976 menyatakan tahun 1981 sebagai Tahun Disabilitas Internasional. Sebuah rencana aksi di tingkat nasional, regional dan Internasional.

Tujuan utama dari peringatan ini adalah rehabilitasi dan pencegahan kecacatan serta pemerataan kesempatan. Pada dekade 1983–1992 juga diproklamasikan sebagai Dekade Penyandang Disabilitas PBB oleh Majelis Umum. 

Hal ini dilakukan untuk memberikan kerangka waktu pasti, sehingga pemerintah dan organisasi akan melaksanakan usaha yang direkomendasikan dalam Program Aksi Dunia.

Arti Penting Hari Disabilitas Internasional

Saat ini, populasi dunia lebih dari tujuh miliar orang dan satu miliar orang lahir dengan kekurangan. Dengan persentase 15 persen dari seluruh populasi dunia dan 80 persen penyandang disabilitas tinggal di negara berkembang. 

Penyandang disabilitas umumnya memiliki kesehatan yang lebih buruk, peluang ekonomi yang lebih sedikit, prestasi pendidikan yang lebih rendah, dan tingkat kemiskinan yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang normal.  

Banyaknya halangan atau hambatan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari antara lain disebabkan oleh peraturan perundang-undangan atau kebijakan, yang berkaitan dengan lingkungan fisik, atau dari sikap serta diskriminasi masyarakat.

Ketika hambatan inklusi mereka dihilangkan dan mereka diberdayakan untuk berpartisipasi penuh dalam kehidupan bermasyarakat, maka komunitas penyandang disabilitas akan mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, aksesibilitas diperlukan untuk mencapai kemajuan dan membantu para penyandang disabilitas.

Tema Hari Disabilitas Internasional

Tahun 2020 telah membawa duka yang berlebihan bagi para penyandang disabilitas yang tidak dirawat dengan baik dalam kondisi normal. Pandemi COVID-19 telah memperdalam kesedihan mereka, mengingat mereka kurang memiliki akses ke perawatan kesehatan, pekerjaan bahkan kurang diterimanya di masyarakat.  

Sedangkan untuk tema tahun ini adalah 'Building Back Better'. Tema ini dibentuk dengan tujuan untuk membentuk situasi pasca COVID-19 yang inklusif disabilitas, berkelanjutan dan mudah diakses.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait