beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Hari Kesehatan Nasional: Sejarah dan Tema Peringatan Tahun Ini

Annisa Tiara Jelita,
12 November 2022 13.20.13 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hari Kesehatan Nasional: Sejarah dan Tema Peringatan Tahun Ini
Image: Hari Kesehatan Nasional 2022. (Kemkes.go.id)

Jakarta - Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November. Sesuai namanya, Hari Kesehatan Nasional diadakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia yang berawal pada 12 November 1959.

Menilik pada sejarahnya, Hari Kesehatan Nasional bermula dari wabah malaria di Indonesia pada 1950-an. Saat itu dibentuk Dinas Pembasmian Malaria oleh pemerintah untuk mengatasi wabah. Empat tahun berlalu, nama organisasi tersebut berubah menjadi Komando Oprasi Pembasmian Malaria (KOPEM).

Pemberantasan malaria dilakukan dengan penyemprotan obat jenis DDT pada (12/11/1959) di desa Kalasan, Yogyakarta. Sejalan dengan itulah, Hari Kesehatan Nasional ditetapkan.

Tahun ini, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) mengangkat tema 'Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku' untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58.

Kemenkes membuat twibbon bertemakan Hari Kesehatan Nasional agar seluruh masyarakat dapat mengikuti perayaan bersama-sama di seluruh Indonesia. Selain itu Kemenkes mengadakan upacara pada Sabtu, (12/11/2022) pagi.

Sebagaimana dilansir dari Instagram @kemenkes_ri, Sabtu, menjelang Hari Kesehatan Nasional, Kemenkes memberikan penghargaan kepada 220 Tenaga kesehatan dari 34 provinsi di Indonesia. Juga kepada 29 kader posyandu. Diketahu bahwa penghargaan ini diberikan langsung oleh Mentri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

“Selamat untuk semua tenaga kesehatan penerima penghargaan. Jadikan ini sebagai semangat untuk terus melayani masyarakat Indonesia agar lebih sehat dan produktif," kata Menkes Budi.

Penghargaain ini merupakan ungkapan terimakasih pada seluruh jajaran tenaga kerja kesehatan yang telah mengabdi dan mencurahkan seluruh tenaga, waktu, pikiran dan jiwa untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang aman dan tetap sehat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait