beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Hastag 'StopBayarPajak', Sri Mulyani: Mereka Nggak Ingin Tinggal di Indonesia

Nivita Saldyni,
20 Juli 2022 14.18.36 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hastag 'StopBayarPajak', Sri Mulyani: Mereka Nggak Ingin Tinggal di Indonesia
Image: Menkeu Sri Mulyani dalam Talkshow Hari Pajak 2022, Selasa (19/7/2022). (YouTube Direktorat Jenderal Pajak)

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati angkat bicara soal ramainya seruan #StopBayarPajak yang sempat heboh di Twitter beberapa hari terakhir. Menurutnya, seruan itu disampaikan hanya oleh orang-orang yang tak ingin tinggal di Indonesia atau mereka yang tak ingin Tanah Air maju.

"Mereka yang menyampaikan hastag nggak bayar pajak ya berarti Anda nggak ingin tinggal di Indonesia atau tidak ingin lihat Indonesia bagus, itu saja," ujar Sri Mulyani dalam Talkshow Hari Pajak 2022, seperti dikutip dari kanal YouTube Direktorat Jenderal Pajak, Rabu (20/7/2022).

Menurutnya, pajak yang terkumpul dari masyarakat dialokasikan pemerintah untuk memajukan Indonesia di berbagai aspek kehidupan. Hal ini tentu untuk kepentingan masyarakat juga.

"Indonesia kan negara kita sendiri, ya. Dan kita semua tahu pajak itu dipakai untuk mengurus pendidikan anak-anak, dari mulai pesantren sampai pada universitas, sampai rumah sakit kemarin saat pandemi," ungkapnya.

"Pajak juga sebetulnya yang Anda nikmati setiap hari. Tadi pagi pasti Anda semuanya entah minum teh atau makan nasi goreng, pasti dimasak pakai LPG. Kalau LPG-nya pakai yang tabung 3 kg artinya Anda menikmati uang pajak subsidi. Kalau Anda charge baterai atau ada listrik di rumah Anda itu dapat juga subsidi dari kita. Itu adalah pajak juga. Anda di jalan raya, jalannya dibangun itu juga pakai pajak," jelasnya panjang lebar.

Namun ia melihat sudah banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui pentingnya pajak. Buktinya, kata Sri Mulyani, banyak netizen yang menolak seruan itu sendiri.

"Rasanya malah masyarakat sendiri yang kayanya pada meng-counter karena mereka merasa memiliki Indonesia. Artinya mereka mengatakan 'Who are you telling us to not pay tax? Ini negara kita sendiri'. Mau bikin semuanya menjadi bagus ya kita yang bikin. Mau bikin republik ini rusak ya kita sendiri yang bikin. Jangan terbiasa untuk nyalah-nyalahin orang lain," tegasnya.

"Jadi kita urusin kita sendiri. Kalau ada yang kurang, perbaiki terus. Nggak pernah nyerah. Makanya saya selalu bilang jangan pernah lelah mencintai Indonesia karena mencintai ini perlu banyak kerja keras," pungkas Sri Mulyani.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait