Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Hati-hati! Pakai WA GB Bikin Akun WhatsApp Diblokir

Afid Ahman,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hati-hati! Pakai WA GB Bikin Akun WhatsApp Diblokir
Image: Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)

Jakarta - Lantaran memberikan fitur lebih banyak, banyak pengguna melirik WA GB. Namun hati-hati menginstallnya karena akun kamu bakal diblokir WhatsApp.

WA GB merupakan kependekan dari WhatsApp GB. Ini adalah aplikasi WhatsApp hasil modifikasi yang dibuat oleh anggota forum XDA Developer.

Bisa dikatakan WA GB adalah reinkarnasi dari WhatsApp Plus yang diblokir WhatsApp beberapa waktu lalu. Pun begitu WA GB ini banyak digemari pengguna, sebab menawarkan banyak fitur di dalamnya.

Penggunanya dapat mengunci percakapan agar tidak bisa di cek orang lain, menghilangkan 'typing' dan centang dua, bahkan membaca pesan yang sudah dihapus.

Pengguna dimungkinkan menggunakan dua akun dalam satu perangkat. Fitur lainnya adalah mengirimkan gambar dengan resolusi tinggi. 

Selain itu, terdapat fitur balasan pesan secara otomatis dengan lebih banyak karakter untuk pembaruan status.

1633430451-whatsapp-GB.jpegWhatsApp GB. (HindiBand)

Namun perlu diketahui WA GB bukanlah aplikasi resmi, jadi tidak bisa di download di Play Store maupun App Store. Kamu harus mengunduhnya harus lewat toko aplikasi pihak ketiga.

"WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya," terang WhatsApp dalam keterangan resminya.

Karena tidak resmi, soal keamanan tidak ada jaminan. Namun semua itu masih menjadi perdebatan. Sejumlah pihak memandang WA GB bisa membawa malware berbahaya yang bakal mencuri data pribadi kita.

Tapi di lain sisi WA GB merasa aplikasinya tidak melanggar. Keyakinan itu berdasar dari tidak diblokirnya aplikasi tersebut sehingga dianggap tak tidak melanggar nilai-nilai utama WhatsApp resmi.

Tapi WhatsApp sendiri telah menegaskan WA GB adalah aplikasi ilegal. Bahkan mereka tidak segan memblokir permanen akun pengguna bila tidak beralih ke aplikasi resmi

"Jika kamu tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara, akun kamu mungkin akan diblokir menggunakan WhatsApp secara permanen," ancam WhatsApp.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait