Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Penyebab WhatsApp, Instagram dan Facebook Down Selama 6 Jam

Afid Ahman,
18 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Penyebab WhatsApp, Instagram dan Facebook Down Selama 6 Jam
Image: Ilustrasi Instagram. (pexels.com)

Jakarta - Layanan WhatsApp, Instagram dan Facebook sempat down pada Senin (4/10/2021) mulai pukul 23.00 WIB. Enam jam lamanya pengguna tidak bisa berkirim pesan dan memperbarui feed serta Stories-nya, apa penyebabnya?

Pihak Facebook belum mengungkap penyebab masalah pada ketiga layanan yang dimiliki. Namun mengacu laman The Wired, masalah kemungkinan karena sistem nama domain (DNS).

DNS yang menerjemahkan nama host yang kamu ketikkan ke dalam tab URL seperti facebook.com menjadi alamat IP, yang merupakan tempat tinggal situs-situs tersebut.

Kesalahan DNS cukup umum, dan jadi penyebab situs terkadang down. Semua dapat terjadi karena berbagai jenis alasan teknis yang tidak jelas, sering kali terkait dengan masalah konfigurasi, dan dapat diselesaikan dengan relatif mudah. Namun, dalam kasus Facebook, sesuatu yang lebih serius tampaknya sedang terjadi.

“Pemadaman Facebook tampaknya disebabkan oleh DNS; namun itu hanyalah gejala dari masalah,” kata Troy Mursch, kepala peneliti dari perusahaan intelijen ancaman siber Bad Packets. 

Masalah mendasar, kata Mursch dan para ahli lainnya setuju adalah bahwa Facebook telah menarik apa yang disebut sebagai rute Border Gateway Protocol yang berisi alamat IP dari server name DNS-nya. 

Jika DNS diibaratkan buku telepon internet, BGP adalah sistem navigasi-nya; itu memutuskan data rute apa yang diambil saat melewati jalan raya informasi.

Pertanyaannya, mengapa rute-rute BGP itu menghilang sejak awal. Ini bukan penyakit umum, terutama pada skala atau selama ini. Selama pemadaman, Facebook tidak mengatakan apapun selain tweet mereka tengah bekerja untuk mengembalikan semuanya ke normal secepat mungkin.

Setelah layanan kembali online pada Selasa pagi, Facebook hanya mengirimkan pernyataan yang masih kurang detail teknis. 

"Kepada semua orang yang terkena dampak pemadaman pada platform kami hari ini: kami minta maaf," kata perusahaan itu. "Kami tahu miliaran orang dan bisnis di seluruh dunia bergantung pada produk dan layanan kami untuk tetap terhubung. Kami menghargai kesabaran Anda saat kami kembali online."

Pakar infrastruktur internet menyarankan jawaban yang paling mungkin adalah kesalahan konfigurasi di pihak Facebook. 

Bagaimanapun internet pada dasarnya adalah jaringan, masing-masing mengiklankan kehadirannya ke yang lain. Untuk sekali, Facebook telah berhenti beriklan.

"Tampaknya Facebook telah melakukan sesuatu pada router mereka, router yang menghubungkan jaringan Facebook ke seluruh internet," kata John Graham-Cumming, CTO perusahaan infrastruktur internet Cloudflare.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait