Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Heboh NIK Jokowi Tersebar di Media Sosial, Jubir Presiden Angkat Bicara

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Heboh NIK Jokowi Tersebar di Media Sosial, Jubir Presiden Angkat Bicara
Image: Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman. Sumber: Sekretariat Kabinet

Jakarta - Beredarnya Nomor Induk Kependudukan (NIK) milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara bebas di media sosial disayangkan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman. Ia pun berharap agar masalah tersebut segera mendapat respons dan ada langkah dari pihak terkait.

"Menyayangkan kejadian beredarnya data pribadi tersebut," kata Fadjroel saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (3/9/2021).

"Berharap pihak terkait segera melakukan langkah khusus untuk mencegah kejadian serupa, termasuk melindungi data milik masyarakat," imbuhnya.

Berdasarkan informasi yang Urbanasia kumpulkan, NIK Jokowi yang jadi perbincangan publik itu menampilkan informasi pribadi Jokowi secara rinci. Bahkan NIK itu juga digunakan untuk mengakses aplikasi PeduliLindungi dan membuat sertifikat vaksin milik Jokowi juga bocor.

Saat ditelusuri, informasi itu ternyata didapat dari laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada bagian form calon Presiden RI untuk Pemilu 2019. Dalam laman itu, selain data pribadi juga ditampilkan informasi terkait riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, riwayat organisasi, riwayat kursus, riwayat penghargaan hingga publikasi yang bersangkutan.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait