beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Hindari Jerawatan, Ini Perawatan Harian Buat Kulit Berminyak

Itha Prabandhani,
28 Juni 2021 20.24.37 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hindari Jerawatan, Ini Perawatan Harian Buat Kulit Berminyak
Image: Ilustrasi perawatan kulit berminyak (Freepik/beststudio)

Jakarta - Punya kulit wajah berminyak memang butuh perawatan yang khusus, guys. Pasalnya, jenis kulit wajah yang satu ini gampang banget bermasalah, seperti jerawatan dan bruntusan. Selain itu, wajah yang berminyak juga nggak enak dipandang, kan?

Kalau kamu termasuk yang berkulit wajah berminyak, jangan sedih dulu, guys. Kamu bisa kok, mengatasi masalah di wajahmu dengan perawatan harian yang sesuai. Tujuan dari skincare harianmu adalah untuk mengurangi produksi minyak berlebih, sekaligus menjaga kelembapannya.

Nah, biar nggak bingung, yuk ikuti tips yang dilansir Urbanasia dari Stylecraze berikut ini!

1. Gunakan Pembersih Wajah yang Tepat

1603158841-Ilustrasi-face-cleanser.jpgSumber: Ilustrasi pembersih wajah (Pixabay)

Kalau kulitmu berminyak, sebaiknya kamu gunakan pembersih wajah khusus untuk kulit berminyak, guys. Pilihlah pembersih wajah yang bebas minyak, bebas sulfat, dan memiliki kemampuan untuk oil control. Bersihkan wajah minimal dua kali sehari, tiap pagi dan malam sesudah beraktivitas.

2. Lakukan Scrub Wajah

1615255568-wajah-berminyak-freepik-by-katemangostar.jpgSumber: Ilustrasi wajah berminyak. (Freepik/ katemangostar)

Kulit wajah yang berminyak biasanya rentan dengan komedo dan kotoran penyumbat pori. Karena itu, lakukan scrub wajah dua kali seminggu untuk memastikan kulit kamu bersih dari komedo dan kotoran penyumbat pori. Pilih face scrub yang berbutiran halus dan lembut, agar kulitmu tidak mengalami iritasi.

3. Segarkan dengan Toner

1611890522-rekomendasi-toner.jpgSumber: Ilustrasi toner. (Freepik/user3008571)

Gunakan toner yang bebas alkohol dan mengandung bahan-bahan seperti sodium PCA, witch hazel, dan geranium. Kandungan ini akan membantu menyegarkan dan melembapkan kulit, sekaligus menutup pori-pori tanpa merusak permukaan kulit kamu. Gunakan toner setelah kamu membersihkan wajah.

4. Jaga Kelembapannya

1622772339-bruntusan---freepik-lookstudio.jpgSumber: Kulit wajah bruntusan (Freepik by Lookstudio)

Kulit yang berminyak juga butuh pelembap loh, guys. Kulit yang tidak terjaga kelembapannya, akan memicu kelenjar minyak dalam kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak, sehingga kulit kamu justru makin berminyak.

Pilih pelembap yang berbahan dasar air dan mengandung bahan non-comedogenic. Kalau kulit kamu sangat berminyak, pilihlah pelembap yang berjenis gel dan ringan digunakan sehari-hari.

5. Gunakan Tabir Surya

1614739313-tabir-surya---freepik-soslukin.jpgSumber: Ilustrasi sunscreen (soslukin/Freepik)

Pemilihan tabir surya atau sunscreen yang untuk sehari-hari, mesti disesuaikan dengan kondisi kulit kamu, guys. Sunscreens dengan kandungan zinc oxide akan membantu melindungi kulit wajah kamu dari sinar UV sekaligus menjauhkan kamu dari jerawat.

6. Pilih Serum dengan Kandungan AHA/BHA

1610165118-rekomendasi-serum-vit-c.jpgSumber: Ilustrasi memakai serum wajah (Freepik)

Kulit yang berminyak biasanya memiliki pori-pori yang besar dan terbuka. Karena itu, serum dengan kandungan AHA/BHA dapat membantu mengecilkan pori-pori. Selain itu, kalau kulit kamu juga berjerawat, pilih serum dengan kandungan tea tree oil dan salicylic acid.

7. Gunakan Krim Malam

1602209065-kehalusan-kulit.jpgSumber: Ilustrasi kulit wajah (Freepik)

Untuk perawatan selama tidur, gunakan krim malam yang bebas minyak dan mengandung bahan non-comedogenic. Krim malam berbahan dasar air adalah yang paling cocok untuk jenis kulit berminyak.

8. Rawat dengan Clay Mask

1620711243-perawatan-kulit-berjerawat2---freepik.jpgSumber: Ilustrasi perawatan kulit berjerawat. (Freepik)

Sebagai perawatan tambahan, kamu bisa menggunakan clay mask atau masker berbahan tanah liat, yang akan membantu menyerap minyak berlebih. Pilihlah clay mask dengan jenis multani mitti atau bentonite clay.

Kamu juga bisa menambahkan rose water atau air lemon, untuk memudarkan pigmentasi bekas jerawat. Gunakan clay mask dua kali seminggu untuk menjaga wajah kamu tetap bersih dan sehat, serta terjaga kelembapannya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait