beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Hobi Touring Motor? Hal Ini Wajib Disiapkan!

Dyta Nabilah,
11 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hobi Touring Motor? Hal Ini Wajib Disiapkan!
Image: Ilustrasi motor touring. (Suzuki)

Jakarta - Touring merupakan sebuah hobi yang biasa dilakukan oleh komunitas pengendara motor. Biasanya, touring akan menjadi kegiatan yang melelahkan karena jarak tempuh yang jauh. 

Komunitas motor ini sering melakukan touring untuk mengisi akhir pekan untuk melepas penat akibat kegiatan sehari-hari. Tentunya, touring butuh persiapan yang maksimal agar selalu aman di perjalanan. 

Bagi kalian yang masih pemula dalam touring, yuk simak tips berikut ini dari Suzuki Indonesia!

Pastikan Keadaan Tubuh Harus Sehat

Sebelum berangkat touring, kesehatan tubuh sangat wajib diperhatikan. Karena tidak mungkin memaksakan jika kondisi tubuh sedang kurang baik. 

Maka dari itu, perbanyaklah minum vitamin, jaga pola makan, dan pola tidur. Jangan keseringan begadang ya! 

Periksa Kondisi Kendaraan

Apapun jenis motornya, yang terpenting adalah kenyamanan dan keselamatan pengendara. Oleh karena itu, motor tersebut harus memiliki performa yang baik. Pastikan agar semua komponen bisa berfungsi dengan normal dan tak bermasalah.

Beberapa hari sebelum berangkat, baiknya untuk melakukan pengecekan ke bengkel. Kondisi mesin, oli, rem depan dan belakang, lampu motor wajib untuk lolos uji. Setelah itu, motor dicuci agar terlihat lebih kinclong saat touring.

Cek Kelengkapan Surat Kendaraan

Jangan pernah coba-coba untuk melakukan touring tanpa membawa surat-surat kendaraan yang lengkap. Kalian tidak boleh lupa membawa Surat Keterangan Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM), dan Kartu Tanda Kependudukan (KTP) yang aktif.

Sehingga, jika ada operasi polisi di perjalanan bisa merasa aman karena punya dokumen yang lengkap. Selain itu, kalian juga bisa dikenali dengan jelas apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

Siapkan Barang Bawaan

Selain hal-hal di atas, tentunya pemula touring juga harus membawa barang-barang tambahan yang akan berguna. Seperti helm untuk melindungi kepala dan jaket anti hujan agar tidak kedinginan.

Kalian juga bisa membawa power bank untuk mengisi daya ponsel. Lalu, persiapkan juga obat-obatan untuk berjaga-jaga jika ada yang terluka atau mendadak sakit di jalan. Terakhir, tool kit berisi obeng, baut, dan sejenisnya juga diperlukan karena tidak ada yang tahu kapan motor bermasalah. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait