beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Hore! Jokowi Mau Bagi Bansos Rp 600 Ribu untuk Karyawan Gaji di Bawah Rp 3,5 Juta

Elya Berliana Prastiti,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hore! Jokowi Mau Bagi Bansos Rp 600 Ribu untuk Karyawan Gaji di Bawah Rp 3,5 Juta
Image: Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaan rapat pengendalian inflasi, Kamis, 18 Agustus 2022. (Youtube/Sekretariat Presiden)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kementerian Keuangan untuk memberi bantuan subsidi upah sebesar Rp 600.000 kepada 16 juta pekerja. Bantuan tersebut hanya diberikan kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

“Bantuan subsidi upah kepada 16 juta pekerja dengan gaji maksimum 3,5 juta per bulan sebanyak Rp 600.000 ribu,” kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (29/8/22).

Sri Mulyani mengatakan, total anggaran yang telah disiapkan sebanyak Rp 9,6 triliun dan akan dibayarkan sekali kepada masing-masing penerima manfaat.

“Ini juga nanti Ibu Menaker akan segera menerbitkan juknisnya (petunjuk teknis) sehingga langsung bisa dilakukan pembayaran kepada para pekerja tersebut,” ujarnya.

Sebagai informasi, Pemerintah memberikan bantuan sosial (bansos) tambahan sebagai bentuk pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan telah menyiapkan anggaran untuk bantalan sosial tambahan ini sebesar Rp 24,17 triliun.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 20,65 juta penerima manfaat sebesar Rp 600.000 yang akan dibayarkan sebanyak dua kali.

"Ibu Mensos akan membayarkannya 2 kali yaitu, Rp 300 ribu pertama dan Rp 300 ribu kedua. Itu akan dibayarkan melalui berbagai saluran kantor pos di seluruh Indonesia untuk 20,65 juta keluarga penerima dengan anggaran Rp12,4 triliun," kata Sri Mulyani.

Diharapkan bantuan ini bisa mengurangi kemiskinan, beban masyarakat, dan mendukung masyarakat yang menghadapi tekanan akibat kenaikan harga. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait