Hot News

Jakarta - Urbanreaders pasti pernah kenal kan sama orang yang ke mana-mana nempel terus sama pacar atau hampir tidak pernah terlihat jalan sendiri tanpa pasangannya? Seakan-akan semua hal harus dilakukan bersama sebagai bentuk cinta atau perhatian pada pasangan.

Padahal, dalam berhubungan dengan orang lain, perlu adanya batasan atau boundary, bahkan dengan pacar atau pasangan hidup. Apa saja sih batasan-batasan yang sebaiknya kita buat dengan pasangan? Kita bahas sama-sama, yuk!

 

Kenapa Batasan Penting?

Sebelum kita menentukan apa saja batasan-batasan dalam hubungan kita dengan pacar, kamu perlu tahu dulu kenapa batasan itu penting. Orang yang lagi jatuh cinta biasanya merasa semuanya indah, romantis, dan ingin menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan si dia.

Namun, pada dasarnya manusia perlu punya waktu pribadi dengan dirinya sendiri. Waktu pribadi penting untuk kita dapat me-reboot otak kita dan mengenal diri kita dengan lebih baik.


Batasan Antara Kamu dan Dia

Membuat batasan antara kamu dan pacar memang gampang-gampang susah. Apalagi kalau konsep ini tidak dipahami dengan baik oleh kedua belah pihak.

Karena itu, penting untuk kamu menyampaikan hal ini di awal masa pacaran. Jelaskan dengan baik bahwa kamu menikmati hubungan ini, namun kamu juga perlu waktu untuk diri sendiri.

Bagi beberapa orang, mungkin akan perlu dijelaskan lebih lanjut bahwa waktu sendiri ini tidak berarti ada orang ketiga atau melakukan hal yang melanggar komitmen.


Beri Penjelasan Spesifik

Biar nggak salah paham, kamu sebaiknya memberi penjelasan yang lebih spesifik mengenai me-time kamu. Misalnya, sesudah jam 10 malam, kamu akan membuat mode silent di HP kamu agar bisa beristirahat dengan lebih baik.

Dengan demikian, si dia akan tidak akan protes jika kamu mengabaikan pesan yang dikirimkan pada jam tersebut. Atau, setiap hari Kamis malam, kamu punya kebiasaan hang out dengan sahabatmu. Artinya, pada hari itu, waktu kamu bukanlah buat si dia.

 

Ini Tentang Kebiasaan, Bukan Karakter

Buat beberapa orang, mungkin ini adalah hal baru dalam hidupnya. Sehingga mereka tidak bisa memahami bahwa batasan antarpribadi adalah hal yang ada di dunia ini.

Jelaskan bahwa ini adalah masalah kebiasaan, dan bukan karakter. Maksudnya, kalau kamu lagi ingin sendiri, bukan karena kamu egois atau tidak setia sama pasangan.


Ucapkan Terima Kasih Atas Pengertiannya

Jangan lupa, tunjukkan bahwa kamu menghargai usaha dia untuk mengerti sisi kepribadianmu. Hal ini secara tidak langsung juga menjadi pembelajaran buat kamu dan pasangan untuk lebih saling memahami.


Batasan Antara Si Dia dengan Orang Lain

Selain membuat batasan antara kalian berdua, perlu juga untuk mendiskusikan batasan antara dia dengan orang lain. Misalnya, kamu mengatur double date dengan sahabatmu, atau makan malam bersama dengan keluarga besarmu.

Sejauh mana dia bisa membuat candaan-candaan agar tidak menyinggung atau sikap-sikap yang perlu dijaga di depan mereka.

Sekaligus, kamu juga bisa membuat kesepakatan mengenai batas kedekatan si dia dengan teman lawan jenisnya. Jadi, kamu bisa tetap nyaman dan dia tetap punya banyak teman.

 


Loading ..