beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

HUT DKI Jakarta, Produk Khas Betawi Paling Sering Dicari Masyarakat

Putri Rahma,
22 Juni 2022 19.27.57 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
HUT DKI Jakarta, Produk Khas Betawi Paling Sering Dicari Masyarakat
Image: Kampanye Hari Bangga Buatan Indonesia Tokopedia (Tokopedia)

Jakarta - Dalam rangka merayakan HUT ke-495 DKI Jakarta, Tokopedia berinisiatif mendorong kemajuan UMKM dengan dua program turunan yaitu Bangga Buatan Indonesia dan Peluncuran Toko JakArtisan yang digunakan untuk mempromosikan produk khas Jakarta. 

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengatakan, Tokopedia terus memberikan kesempatan agar UMKM bisa terus tumbuh dan berkembang. Dan dalam rangka meningkatkan penjualan online UMKM, Tokopedia menyertakan fitur dikos dan cashback. 

"Kami juga bekerjasama dengan Ketua Dekranasda DKI Jakarta, bu Fery Hartati tentang bagaimana JakArtisan ini mempromosikan produk khas Jakarta yang sekarang bisa dilihat di Tokopedia dan kami juga memberika pelatihan," ungkap Astri saat pertemuan zoom meeting dalam Virtual Media Briefing: Jakarta Hajatan ke-495, Nyok Kite Dukung Karya UMKM Lokal pada Selasa (21/6/2022). 

Selain itu ada juga fitur baru seperti Tokopedia NOW yang digunakan untuk memesan makanan, Tokopedia Nyam untuk memesan minuman dan makanan khas Betawi kerjasama dengan UMKM, lalu Women In Style yang juga berasal dari UMKM dan juga Jumat Beli Lokal yang hanya tersedia setiap hari Jumat. 

"Menurut data yang terlihat di Tokopedia, produk khas Betawi saat ini menjadi benda yang sering dicari oleh masyarakat selama kuartal II 2022, dilanjut dengan kategori kedua yatu makanan dan minuman yang menjadi insight," Astri berujar. "Jakarta Selatan adalah kota penjual paling tinggi dan Jakarta timur menjadi kota administrasi pembeli dan transaksi terbanyak di Kuartal II 2022," sambung Astri.

Di sisi lain, kegiatan UMKM ini juga menampilkan pemilik Dakara Indonesia, Ayu Purnama. Dakara Indonesia merupakan brand lokal di bidang fashion yang menggunakan bahan dasar kain tenun yang dikemas secara modern. 

Dakara Indonesia punya misi melestarikan kain tenun dan mengenalkannya kepada anak muda agar bangga menggunakan produk tradisional yang dihasilkan pengrajin lokal. 

"Kain Dakara Indonesia ini dijahit oleh penjahit rumahan dan juga memberdayakan ibu-ibu rumah susun di Indonesia yang berasal dari Jepara dan Klaten," Astri mengungkapkan. "Dakara rajin mengikuti berbagai campaign yang diadakan Tokopedia sehingga ilmu yang diterima dapat diterapkan dan berhasil menambah omset," imbuh Astri. 

Sancraft, Berangkat dari Hobi

Selain Dakara Indonesia, acara virtual hasil kerjasama Tokopedia dan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) DKI Jakarta ini juga menampilkan kisah Sancraft, sebuah usaha kerajinan.

Pendiri Sancraft, Sanjung Sari menceritakan awal bisnisnya yang dijalankan karena hobi menggambar. Sanjung merupakan seorang mahasiswa jurusan Seni. 

Gambar awal yang ia tuangkan ialah gambar doodle yang kemudian dicetak untuk dijadikan produk pertamanya yaitu tote bag. Hingga akhirnya, Sanjung mencoba untuk mengembangkan usahanya di Tokopedia dan mendapat respon positif. 

"Di akhir waktu kuliah aku akhirnya coba aplikasikan gambar doodle itu di produk pertama aku, tote bag," kata Sanjung.

Nama Sancraft ini dipilih dari 'Sanjung' dan 'Craft' yang artinya kerajinan. Melalui hobi yang jadi bisnis, Sanjung merasa memiliki peluang untuk bisa memasarkan hasil karya dan ide yang ia miliki. 

Sanjung menjelaskan jika saat ini design yang dihasilkan masih karyanya sendiri. Namun untuk proses jahit, ia bekerja sama dengan penjahit lokal di Jakarta.  

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait