beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Momen HUT DKI Jakarta, Fery Farhati Ajak Masyarakat Dukung UMKM

Putri Rahma,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Momen HUT DKI Jakarta, Fery Farhati Ajak Masyarakat Dukung UMKM
Image: Virtual Media Briefing: Jakarta Hajatan ke-495 (Foto: Urbanasia)

Jakarta - Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) DKI Jakarta, Fery Farhati mengajak masyarakat untuk mendukung para pengrajin lokal atau usaha mikro kecil menengah (UMKM). 

Hal itu ia sampaikan dalam cara 'Virtual Media Briefing: Jakarta Hajatan ke-495, Nyok Kite Dukung Karya UMKM Lokal'. Acara ini diselenggarakan Tokopedia dalam rangka memperingati HUT ke-945 DKI Jakarta. 

Fery mengatakan bahwa sejak pandemi COVID-19, hampir seluruh sektor UMKM di Indonesia mengalami penurunan omset. Hal tersebut berdampak pada sektor penjualan yang dihasilkan oleh pengrajin. 

“Sejak pandemi melanda di Indonesia, hampir seluruh sektor UMKM di Indonesia terkena dampak hingga mengalami penurunan omset," ujar Fery. "Tidak terkecuali sektor kerajinan. Tidak sedikit pengrajin yang berhenti karena costumer lebih butuh kebutuhan primer seperti food and beverages,” katanya dalam Virtual Media Briefing yang diadakan Selasa (21/6/2022). 

Ia juga menambahkan meski pandemi berdampak kepada banyak pengrajin, namun masih banyak penggiat UMKM yang tetap produktif dan terus melakukan inovasi dan efisiensi dengan menjual produk secara online.

Fery mengakui bahwa Dekranasda menghadapi tantangan besar dalam membina UMKM agar menguasai platform digital. Menurutnya Dekranasda sudah terbiasa melakukan semuanya secara luring atau offline. Maka ketika pandemi melanda, para penggiat UMKM harus berusaha memahami platform digital. 

Hingga akhirnya Dekranasda bekerjasama dengan Tokopedia agar para pengrajin bisa tetap memasarkan produknya dan tetap termotivasi untuk membuat produk yang sesuai dengan trend masa kini.

“Kami sudah terbiasa melakukan semua secara luring. Kita juga ada ada pameran dan beberapa kegiatan lain," ujar Fery. "Tapi ketika pandemi ada kendala di mana pengrajin harus menggunakan platform digital, di situ Dekranasda lalu melakukan pelatihan agar mereka bisa menggunakan beberapa platform digital agar meningkatkan penjualan produk," tuturnya. 

Dekranasda juga memberikan pelatihan agar UMKM bisa bertahan di masa pandemi dengan memberikan latihan platform digital dan memberikan materi yang matang serta pemateri profesional.

Fery Farhati juga menjelaskan syarat untuk UMKM bisa bergabung dengan Dekranasda yaitu memiliki KTP DKI Jakarta dan 5 jenis varian produk yang akan dikurasi. Jika UMKM tersebut masih baru, maka Dekranasda akan melakukan pembinaan agar bisa menghasilkan sesuai kategori yang tersedia di Dekranasda. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait