beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

HUT ke-77 RI, Istana Gelar Pameran Mobil Dinas Kepresidenan

Ika Virginaputri,
2 Agustus 2022 17.26.22 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
HUT ke-77 RI, Istana Gelar Pameran Mobil Dinas Kepresidenan
Image: Pameran Alat Transportasi Bersejarah 2020 (Foto: AntaraNews/Hendra Nurdiyansyah/pras)

Jakarta -- Memperingati hari ulang tahun ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah akan menggelar pameran khusus mobil-mobil dinas kepresidenan di Sarinah, Jakarta Pusat. Acara yang akan bertajuk 'Indonesia Menjawab' ini akan berlangsung pada tanggal 13-22 Agustus 2022 dan terbuka untuk masyarakat umum. 

"Ada pameran mobil di halaman dan roof top parkir Sarinah. Ini akan menarik karena mobil-mobil itu dipakai oleh ketujuh presiden kita. Kita akan menekankan bagaimana ketujuh presiden menjawab krisis dan tantangan di zamannya masing-masing," kata Setya Utama selaku Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, dalam konferensi pers Bulan Kemerdekaan, Senin (1/8/2022). 

Krisis dan tantangan yang dimaksud meliputi bagaimana Presiden Soekarno berupaya menyatukan seluruh elemen masyarakat demi meraih kemerdekaan hingga cara Presiden Jokowi menghadapi krisis pandemi COVID-19. 

Selain pameran mobil dinas para presiden, pameran 'Indonesia Menjawab' juga bakal menampilkan kumpulan arsip nasional yang dimiliki oleh Sekretariat Presiden. Arsip tersebut berupa dokumentasi foto-foto, video dan dokumen-dokumen yang kemungkinan belum pernah dilihat masyarakat. 

"Kami tampilkan arsip kepresidenan ini adalah bentuk kami menyampaikan pada masyarakat dan pameran ini gratis. Jadi masyarakat silakan berbondong-bondong ke Sarinah," ujar Bey Machmudin, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Negara. 

Selain pameran di Sarinah, pada konferensi pers Bulan Kemerdekaan tesebut juga diumumkan bahwa Istana akan mengundang sekitar 2.000 masyarakat untuk mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta. Sementara pada Upacara Penurunan Bendera di sore hari yang diundang sebanyak 3.000 orang. 

Sedangkan masyarakat yang ingin mengikuti peringatan HUT ke-77 RI secara virtual harus mendaftar lewat situs yang telah ditentukan. Sebagai tambahan, peringatan ulang tahun ke 77 kemerdekaan Indonesia tahun 2022 ini mengambil tema 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'.  

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait