Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Info Lengkap Biaya dan Syarat Perpanjang SIM A, B, C Terbaru 2021

Elga Nurmutia,
21 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Info Lengkap Biaya dan Syarat Perpanjang SIM A, B, C Terbaru 2021
Image: Ilustrasi SIM (Ardha/Urbanasia)

Jakarta - Surat izin mengemudi atau biasa dikenal dengan sebutan SIM. SIM ini merupakan syarat wajib untuk seluruh pengendara kendaraan bermotor. Kerap kali sejumlah pengendara menanyakan biaya dan syarat perpanjang SIM. Kira-kira biayanya berapa sih?

Kewajiban bagi setiap pengendara memiliki SIM tercantum pada Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan. Dalam, UU tersebut juga diatur terkait hukuman tilang maupun denda bagi mereka yang tidak dapat memperlihatkan bahkan tidak punya SIM. 

Perlu diketahui, SIM ini wajib diperbarui bagi pemiliknya dalam kurun waktu lima tahun sekali. Hal itu bisa dilakukan dengan mudah melalui SIM Keliling atau di kantor Satpas SIM yang terdapat pada setiap Polres.

Kali ini, Urbanasia akan membagikan seputar informasi biaya dan syarat perpanjangan SIM terbaru 2021 dari berbagai sumber, Kamis (7/10/2021), sebagai berikut.

1. Syarat Perpanjangan SIM

Ketika ingin melakukan perpanjangan SIM secara online, pemohon harus mengetahui syaratnya. Ketentuan yang pertama, yaitu pengajuan hanya dapat dilakukan bagi pemilik SIM A dan juga SIM C.

Lalu, syarat untuk administrasinya yaitu, KTP, SIM lama, surat keterangan lulus uji keterampilan simulator, serta surat kesehatan dari dokter.

2. Biaya Perpanjangan SIM

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016, dijelaskan mengenai biaya perpanjang SIM A senilai Rp 80.000. Sementara itu, biaya perpanjang SIM C senilai Rp 75.000.

Adapun biaya untuk perpanjangan SIM A hingga SIM C, sebagai berikut:

  • SIM A dan A Umum: Rp 80.000
  • SIM B dan B1 umum: Rp 80.000
  • SIM B2 dan B2 Umum: Rp 80.000
  • SIM C: Rp 75.000
  • SIM C1: Rp 75.000
  • SIM C2: Rp 75.000
  • SIM D: Rp 30.000
  • SIM D Khusus D1: Rp 30.000
  • SIM Internasional: Rp 225.000

Biaya dalam melakukan perpanjangan SIM yang tertera di atas belum termasuk dengan sejumlah biaya tes kesehatan dan juga tes psikologi. Artinya, kamu perlu menyiapkan uang lebih untuk sisanya sesuai dengan biaya yang ditawarkan oleh Polda yang ada di wilayah kamu. 

Nah, itu dia informasi yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat bagi Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait