Jakarta - Selama menjalankan ibadah puasa, kita tidak mengonsumsi makanan maupun minuman selama lebih dari 12 jam. Kondisi ini rawan menimbulkan berbagai masalah dalam mulut kamu, guys. Misalnya, bibir kering dan pecah-pecah, sariawan, atau bau mulut.

Jika tidak diperhatikan dan diatasi segera, masalah dalam mulut bisa berimbas ke masalah lain loh, guys. Termasuk, berisiko pada sistem imun tubuh kamu.

Padahal, di masa pandemi ini, sistem kekebalan tubuh adalah hal utama yang harus kamu jaga.

Biar terhindar dari masalah-masalah ini, yuk jaga kesehatan mulut dengan beberapa tips dari Urbanasia berikut ini.

1. Rutin Gosok Gigi

1589534169-gosok-gigi.jpg

Meskipun tidak ada makanan atau minuman yang masuk ke mulut, kamu tetap disarankan untuk rajin gosok gigi, guys. Gunakan tiga cara yaitu gosok, bersihkan dengan dental floss, lalu cuci mulut dengan mouth wash.

Lakukan hal ini minimal dua kali sehari ya, guys. Bila perlu, kamu juga bisa melakukan pembersihan lidah dengan alat khusus yang bisa kamu dapatkan di apotek.

2. Bersihkan Sikat Gigi dan Ganti Secara Rutin

Sikat gigi juga bisa menjadi sarang kuman dan bakteri, guys. Karena itu, kamu perlu membersihkannya sesudah digunakan.

Pilih sikat gigi yang ada tutupnya dan taruh pada tempat yang bersih dan kering. Ganti sikat gigimu dengan yang baru maksimal sesudah pemakaian selama 3 bulan.

3. Batasi Konsumsi Makanan Manis

Makanan manis dapat menyebabkan gigi lebih mudah berlubang. Karena itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi paling banyak 1 jenis makanan manis setiap harinya.

Jangan lupa, gosok gigi maksimal 1 jam sesudah kamu makan makanan manis, biar gula dalam makananmu tidak tertinggal di sela-sela gigi.

4. Hindari Makanan Keras

1589534120-hindari-makanan-keras.jpg

Makanan yang keras membuat gigi harus bekerja ekstra keras untuk mengunyahnya. Kebiasaan ini bisa berisiko membuat gigi patah atau rusak. Sebisa mungkin, hindari mengunyah permen atau camilan yang keras.

5. Stop Mengelupas Bibir yang Pecah-pecah

1589534143-stop-kelupas-bibir.jpg

Saat bibir kamu kering dan pecah-pecah, gunakan pelembap bibir atau scrub bibir untuk mengatasinya. Hindari kebiasaan mengelupas kulit bibir yang kering, karena akan menimbulkan iritasi.

Membasahi bibir dengan air liur juga tidak disarankan, karena air liur mengandung enzim untuk mencerna makanan dan bukan untuk melembapkan, guys.

 

Komentar
paper plane