beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

Ini Bocoran Soal dan Nilai SKD CASN PPPK yang Lolos Seleksi Administrasi

Shelly Lisdya,
2 Agustus 2021 16.05.45 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ini Bocoran Soal dan Nilai SKD CASN PPPK yang Lolos Seleksi Administrasi
Image: Ilustrasi tes CAT CASN. (Pinterest/Mangaip Blog)

Jakarta - Hasil seleksi administrasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) telah diumumkan hari ini, Senin (2/8/2021). 

Pengumuman hasil administrasi ini akan berlangsung selama dua hari hingga Selasa (3/8/2021). Nah, untuk melihat hasil seleksi administrasi kamu bisa mengakses laman ini dengan masuk ke akun masing-masing.

Apabila peserta sudah dinyatakan lolos administrasi, maka sistem SSCASN akan langsung menyampaikan kelulusan di saat login akun. Setelah itu peserta dapat mencetak kartu ujian untuk ikut tahap selanjutnya.

Tahap lanjutan adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan dilaksanakan pada 25 Agustus hingga 4 Oktober 2021. Pelaksanaan SKD akan dilakukan secara fisik yang jadwalnya diberikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun masing-masing peserta.

BKN juga memberikan keringanan berupa peserta yang merasa keberatan atau tidak puas dengan hasil seleksi administrasi maka diberikan masa sanggah selama tiga hari.

Masa sanggah sendiri berlangsung pada 4 hingga 6 Agustus 2021 dan waktu bagi instansi untuk menjawab masa sanggah pada 4 hingga 13 Agustus 2021. Kemudian pengumuman akan dilakukan pada 15 Agustus 2021.

"#SobatBKN, Mimin ucapkan selamat buat kalian yang dinyatakan lulus seleksi administrasi ASN 2021, untuk yg dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) masih ada kesempatan kalian untuk melakukan sanggah. Pahami alur & tata cara sanggah serta gunakan waktu sanggah semaksimal mungkin," tulis BKN dalam akun Twitter.

BKN sendiri telah merilis materi, waktu dan nilai untuk SKD. "Buat kalian yg sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi, segera siapkan diri kalian u/ mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD). Materi yg akan diujikan sudah Mimin rangkumkan dlm grafis lho. Yuk belajar & berdoa agar diberi kemudahan & kelancaran dlm mengikuti SKD nanti," tutup BKN.

SKD sendiri masih menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT BKN) dengan durasi waktu 100 Menit untuk menjawab 110 soal yang terdiri dari tiga jenis materi, meliputi Tes Wawasan Kebangsaaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Hanya saja, untuk peserta disabilitas sensorik netra diberikan waktu khusus, yakni 130 menit untuk menjawab soal SKD CASN 2021.

Berikut ketentuan nilai masing-masing materi:

1. Untuk nilai TWK dan TIU, apabila menjawab benar bernilai 5 dan salah/tidak menjawab bernilai 0. 

2. Untuk bobot nilai pada materi TKP bernilai paling rendah 1, nilai paling tinggi 5, dan tidak menjawab bernilai 0.

3. Untuk nilai minimal atau ambang batas (passing grade) pada masing-masing materi soal terdiri TWK 65, TIU 80 dan 166 untuk materi TKP.

4. Untuk nilai maksimal atau kumulatif paling tinggi pada masing-masing materi soal terdiri TWK 150, TIU 175 dan 225 untuk TKP.

Sementara itu, berikut kisi-kisi materi yang telah dirilis BKN:

1. TWK memuat materi seputar nasionalisme, integritas, bela negara, dan pilar negara.

2. TIU 

A. Kemampuan verbal
- Analogi (kemampuan individu dalam bernalar) 
- Silogisme (kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan)
- Analitis (kemampuan individu untuk menganalisis informasi)

B. Kemampuan numerik
- Berhitung
- Deret angka
- Perbandingan kuantitatif 
- Soal cerita

C. Kemampuan figural
- Analogi 
- Ketidaksamaan 
- Serial

3. TKP

- Pelayanan publik 
- Jejaring kerja
- Sosial budaya 
- Teknologi informasi dan komunikasi 
- Profesionalisme
- Anti radikalisme

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait