menu
user
URnews

Insiden Pesawat Kargo Boeing 747 Sebabkan Dua Orang Luka Ringan

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Insiden Pesawat Kargo Boeing 747 Sebabkan Dua Orang Luka Ringan
Image: Ilustrasi pesawat Boeing. (Pixabay/Holgi)

Amsterdam - Pesawat tipe Boeing kembali mengalami insiden. Kali ini adalah pesawat kargo Boeing 747-400. 

Diwartakan Reuters, pesawat Boeing 747 itu meledak di udara dan terbakar pada hari Sabtu (20/2/2021) di selatan Belanda. Pesawat tersebut rencananya akan melakukan penerbangan dari Maastricht ke New York. 

Juru bicara Bandara Maastricht, Hella Hendriks, menyatakan pesawat kargo Longtail Aviation itu menyebarkan bagian logam kecil di atas kota Meerssen di Belanda, sehingga menyebabkan kerusakan dan melukai orang tak lama lepas landas.

Melansir Euronews, laporan polisi setempat menyebut ada dua orang terluka akibat insiden Boeing 747 itu.

Seorang wanita lanjut usia kena di bagian kepala dan harus dirawat di rumah sakit. Begitu juga dengan seorang anak yang dikabarkan mengalami luka ringan dan mengalami luka bakar saat mencoba mengambil serpihan puing pesawat dari tanah. Beberapa mobil dan rumah juga rusak.

Insiden ini terjadi di hari yang sama dengan pesawat United Airlines Boeing 777 yang terlibat dalam insiden di Denver, Amerika Serikat. Karena itu, lusinan pesawat Boeing 777 di seluruh dunia diminta berhenti dipakai (grounding).

Dewan Keamanan Belanda pun tengah menyelidiki insiden ini. Dalam insiden di Belanda, para saksi mata mendengar satu atau dua ledakan tak lama setelah lepas landas dan pilot diberitahu oleh pengawas lalu lintas udara bahwa sebuah mesin terbakar.

“Foto-foto itu menunjukkan bahwa itu adalah bagian dari bilah mesin, tapi itu sedang diselidiki. Beberapa mobil rusak dan serpihan menghantam beberapa rumah. Potongan ditemukan di seluruh lingkungan perumahan di atap, taman, dan jalan," ujar Hendriks seperti dikutip Reuters, Senin (22/2/2021). 

Longtail Aviation mengatakan masih terlalu dini untuk berspekulasi tentang apa yang mungkin menjadi penyebab masalah. Mereka menyatakan pihaknya bekerja dengan pihak berwenang Belanda, Belgia, Bermuda dan Inggris untuk menyelidiki insiden tersebut.

Dengan berjatuhannya potongan pesawat, tetapi pesawat mendarat dengan selamat di bandara Liege di Belgia, sekitar 30 kilometer (19 mil) selatan perbatasan Belanda.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait