beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Instagram Rilis Fitur Baru Perkuat Perlindungan Keamanan Remaja

Shinta Galih,
10 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Instagram Rilis Fitur Baru Perkuat Perlindungan Keamanan Remaja
Image: Instagram Rilis Fitur Baru Perkuat Perlindungan Keamanan Remaja. (Dok. Instagram)

Jakarta - Sejak lama, Instagram telah berupaya untuk menjaga keamanan anak remaja di platformnya.

Beragam terobosan telah dilakukan, terbaru media sosial kepunyaan Meta ini punya beberapa fitur baru untuk membuat pengalaman anak remaja lebih aman di Instagram. 

Take a Break

1638962131-fitur-baru-Instagram-(2).pngSumber: Instagram Rilis Fitur Baru Perkuat Perlindungan Keamanan Remaja. (Dok. Instagram)

Fitur 'Take A Break' untuk membantu pengguna membuat keputusan tentang bagaimana mereka menghabiskan waktunya di platform.

Jika seseorang telah scrolling dalam batas waktu tertentu, Instagram akan meminta mereka untuk beristirahat dari Instagram dan menyarankan agar mereka mengatur pengingat harian, sehingga mereka bisa mengambil lebih banyak waktu untuk beristirahat ke depannya.

Instagram juga akan menunjukkan tips yang didukung oleh ahli untuk membantu mereka merefleksikan dan mengatur ulang waktu yang mereka habiskan di platform. 

Untuk memastikan bahwa remaja mengetahui kehadiran fitur ini, Instagram akan memunculkan sebuah pemberitahuan yang menyarankan mereka untuk mengaktifkan pengingat tersebut. 

Sebagai tahap awal, Instagram meluncurkan fitur ‘Take A Break’ di Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Australia, dan akan segera membawanya ke semua pengguna pada awal tahun depan.

Keterlibatan Orang Tua dan Wali 

Instagram berencana untuk meluncurkan fitur pertama bagi orang tua dan wali di bulan Maret mendatang guna membantu mereka membimbing dan mendukung pengalaman anak remaja mereka di Instagram. 

Orang tua dan wali akan dapat melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan remaja mereka di Instagram dan menetapkan batas waktu maksimal yang boleh mereka habiskan. 

Instagram juga akan memberikan pilihan bagi anak remaja untuk memberi tahu orang tua mereka jika mereka melaporkan seseorang, sehingga memberikan kesempatan bagi orang tua untuk membicarakannya dengan mereka. Ini adalah versi awal dari fitur ini, dan Instagram akan terus menambahkan lebih banyak opsi seiring berjalannya waktu.

Saat ini, Instagram juga tengah mengembangkan pusat informasi dan edukasi baru untuk orang tua dan wali yang akan mencakup informasi tambahan, seperti tutorial fitur dan tips dari para ahli untuk membantu mereka mendiskusikan penggunaan media sosial dengan anak remaja mereka.

Fitur lain

Langkah lain yang dilakukan Instagram yakni melarang pengguna untuk menandai (tagging) atau menyebut (mentioning) anak remaja yang tidak mengikuti mereka.

Instagram akan lebih ketat dalam merekomendasikan konten kepada anak remaja di laman Search, Explore, Hashtags serta Akun yang Disarankan. 

Selain itu Instagram akan mulai mengarahkan dan memberikan rekomendasi topik bagi anak remaja jika mereka telah menghabiskan banyak waktu pada satu topik sensitif.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait