beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Instagram Uji Fitur Verifikasi Usia Pengguna Pakai Video Selfie

Shinta Galih,
25 Juni 2022 18.05.53 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Instagram Uji Fitur Verifikasi Usia Pengguna Pakai Video Selfie
Image: Instagram Uji Fitur Verifikasi Usia Pengguna Pakai Video Selfie

Jakarta - Instagram mengumumkan tengah menguji fitur baru untuk verifikasi usia pengguna. Ada dua metode yang disiapkan, salah satunya dengan melakukan video selfie.

Instagram menggandeng Yoti, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang verifikasi usia dalam jaringan. Teknologi yang dimiliki Yoti bisa memperkirakan usia berdasarkan tampilan wajah.

Instagram dan Yoti memastikan keamanan dan privasi pengguna. Setelah usia pengguna diverifikasi, Yoti dan Instagram akan menghapus video tersebut.

"Saya mau menegaskan, ini bukan pengenalan wajah (facial recognition). Cara ini tidak mungkin mengungkap identitas Anda. Cara ini hanya untuk memprediksi usia," terang Adam Mosseri, CEO Instagram.

Ketika pengguna terdeteksi sebagai remaja, usia 13-17 tahun, Instagram secara otomatis akan memberikan mereka akun private atau dikunci.

"Mencegah kontak yang tidak diinginkan dengan orang dewasa yang tidak mereka kenal dan membatasi pilihan pengiklan untuk menjangkau mereka lewat iklan," kata Erica Finkle, Direktur Pengelolaan Data Meta. 

Pilihan kedua, pengguna memilih tiga pengikut yang semuanya saling mengikuti untuk mengkonfirmasi usia. Ketiga orang itu harus berusia di atas 18 tahun.

Seperti diketahui Instagram gencar membatasi akses anak-anak dan remaja di platformnya. Ini dilakukan setelah perusahaan media sosial itu dikritik oleh pakar privasi dan keselamatan anak.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait