Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Instagram Wajibkan Pengguna Konfirmasi Tanggal Ulang Tahun

Afid Ahman,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Instagram Wajibkan Pengguna Konfirmasi Tanggal Ulang Tahun
Image: Ilustrasi Instagram. (pexels.com)

Jakarta - Instagram bakal mewajibkan pengguna untuk mengonfirmasi tanggal ulang tahun mereka. Alasannya ini sebagai bagian dari upaya menciptakan fitur keamanan baru bagi kaum muda. 

Laporan Reuters menyebutkan Instagram telah mengeksplorasi pembuatan aplikasi versi anak-anak di bawah 13 tahun. 

Namun, anggota parlemen Amerika Serikat (AS) mendesak untuk membatalkan rencana tersebut. Pasalnya Facebook yang memiliki Instagram, punya catatan serius lantaran dianggap gagal melindungi anak-anak di platformnya.

Karena itu Instagram akan menondong pengguna untuk memberikan tanggal lahir mereka. Apabila pengguna belum juga memberikan, Instagram berencana untuk menanyakan tanggal lahir saat aplikasi dibuka, dan akan memberikan notifikasi yang meminta informasi tersebut beberapa kali.

Pengguna akan terus diminta untuk membagikan tanggal lahir mereka untuk terus menggunakan aplikasi Instagram. Instagram juga berencana menempatkan layar peringatan pada postingan tertentu dan akan meminta ulang tahun sebelum mengizinkan konten untuk dilihat. 

Ini adalah antarmuka yang sama yang sudah ada untuk posting sensitif atau grafis, tetapi sekarang juga memerlukan konfirmasi tanggal lahir.

Instagram mengatakan informasi tanggal ulang tahun pengguna akan digunakan untuk membuat fitur keselamatan baru, dan akan membantu memastikan bahwa "pengalaman yang tepat" diberikan kepada "kelompok usia yang tepat".

Kembali pada bulan Maret, Instagram memperkenalkan perubahan untuk mencegah orang dewasa mengirim pesan ke pengguna yang berusia di bawah 18 tahun, dan bulan lalu, mulai default akun baru untuk pengguna 16 dan di bawah ke pribadi.

Instagram sedang mengembangkan "sistem baru" untuk mengatasi orang yang memasukkan tanggal lahir yang salah, menggunakan AI untuk memperkirakan berapa usia orang. Ke depan, jika seseorang memilih usia dan teknologi Instagram tidak setuju, aplikasi akan menawarkan menu opsi untuk verifikasi usia.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait