menu
user
URstyle

Intip Pesona Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul Yogyakarta

Shelly Lisdya,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Intip Pesona Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul Yogyakarta
Image: Air terjun Sri Gethuk. (Instagram @srigethukadventure)

Jakarta - Ketika berbicara Yogyakarta, yang terlintas di pikiran pastinya adalah tempat wisata mana sih yang bagus untuk dikunjungi?

Ketika kamu sudah mengunjungi Malioboro atau wisata lainnya, mungkin sebaiknya kamu harus mengunjungi wisata air terjun Sri Gethuk Gunung Kidul guys. Karena, air terjun ini digadang-gadang mirip dengan pesona air terjun Grand Canyon di utara Arizon Amerika Utara.

Wisata ini terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Payen, Kabupaten Gunung Kidul, Jawa Tengah dan memiliki ketinggian mencapai 25 meter dengan tiga sumber mata air yang mengalir di air terjun ini.

Urbanreaders, juga bisa mengunjungi air terjun Sri Gethuk via jalur sungai loh. Kamu akan ditawarkan untuk enggunakan perahu rakit yang terbuat dari papan dan drum bekas.

Ketika melalui sungai, kamu akan menyusuri sungai Oya dari hilir ke hulu atau melawan arus sungai. Menariknya, kamu dibonusi dengan pemandangan tebing-tebing tinggi yang mengapit sungai, beberapa di antaranya memancarkan air terjun kecil sehingga terlihat memesona.

1614255978-Air-Terjun-Sri-Gethuk-(3).jpgSungai Oya. (Instagram @srigethukadventure)

Nah, jika kamu bosan berswafoto, di air terjun Sri Gethuk, kamu bisa berenang loh guys. Jika kamu nggak bisa berenang, terdapat jasa penyewaan ban berenang yang dengan harga sewa Rp 2.000.

FYI nih guys, nama Sri Gethuk sendiri tak lepas dari cerita, kisah, dan mitos yang beredar dalam masyarakat. Konon, di wisata ini suka terdengar suara ketukan gamelan ketika musim hujan.

Adanya alunan musik gamelan jawa tersebut, akhirnya masyarakat mengenalnya dengan sebutan getukan hingga menjadi awal mula nama Sri Gethuk.

Tak hanya itu, pada zaman dulu, juga terdapat jalur khusus yang menghubungkan antara air terjun Sri Gethuk dan Goa Rancang. Hanya saja jalur tersebut sudah ditutup dan tidak lagi terlihat oleh manusia. 

Jalur khusus tersebut dahulunya dimanfaatkan oleh tokoh Kerajaan Mataram. Air terjun tersebut dulunya dijadikan tempat bersih-bersih, mandi, hingga mensucikan diri. Air terjun Sri Gethuk pun dikenal masyarakat dengan sebutan air suci yang berasal dari tiga sumber mata air.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait