Jakarta - Status bar di smartphone umumnya berguna untuk melihat jaringan yang tersambung dan kekuatan sinyalnya.

Namun ada yang aneh pada iPhone 12. Ponsel ini tetap menampilkan 5G, padahal ponsel terkoneksi di jaringan 4G LTE. Kejadian ini dialami Dieter Bohn, jurnalis The Verge selama melakukan pengujian ponsel baru Apple itu.

Dieter menyebutkan kalau Apple punya fitur baru di iPhone 12 bernama Smart Data Mode. Fitur ini membantu menghemat masa pakai baterai, salah satunya karena jaringan 5G.

Dengan fitur tersebut iPhone 12 akan terkoneksi ke jaringan 4G. Bilamana memang diperlukan barulah iPhone 12 terkoneksi 5G. 

Masalahnya status bar iPhone 12 terus menampilan 5G meski pengguna pakai jaringan 4G. 

Tidak jelas kenapa Apple mengubah status baru dengan cara itu. 

Bisa jadi ponsel ini hanya ingin menunjukkan koneksi terbaik yang bisa diakses, meski hanya secara teori dan bukan realita yang ada. 

Sejauh ini Apple belum mengomentari masalah tersebut. 

1603596423-iphone-12-case-no-speaker-hole.jpgSumber: iPhone 12 tetap menampilkan ikon 5G meski tengah terkoneksi 4G. Sumber: ubergizmo

Tapi kejadian itu menambah keanehan yang terjadi usai iPhone 12 dijual resmi. Sebelumnya sejumlah pengguna melaporkan keanehan pada casing MagSafe yang telah dipesan.

Casing tersebut tanpa lubang speaker. Alhasil jika pengguna memasukkan iPhone 12 ke casing, suara dari speaker tidak dapat keluar lantaran teredam.

Lucunya saat menghubungi pihak apple, pegawai toko malah memberikan jawaban yang tidak masuk akal. Dia mengatakan casing tersebut memang tidak dimaksudkan punya lubang speaker.

 

Komentar
paper plane