beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

IPL Treatment, Perawatan untuk Hilangkan Bulu Tak Diinginkan

Kintan Lestari,
23 November 2022 16.35.01 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
IPL Treatment, Perawatan untuk Hilangkan Bulu Tak Diinginkan
Image: Ilustrasi IPL treatment. (Freepik/inna-zueva5)

Jakarta - Siapa sih yang pengen bau ketiak? Pastinya nggak ada kan. Nah, bau ketiak sendiri disebabkan area ketiak yang lembap sehingga bakteri berkembang biak dengan cepat. Adapun yang menyebabkan bakteri berkembang biak adalah bulu ketiak yang panjang. 

Untuk mengatasi bulu ketiak, atau bulu lain yang tidak diinginkan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, misalnya dengan mencukur menggunakan pisau cukur tradisional, pisau cukur elektrik, sampai waxing. Cara tersebut memang bisa menghilangkan bulu ketiak, namun hanya sementara. Tidak butuh waktu lama juga bulu akan kembali tumbuh.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini kamu bisa menghilangkan bulu ketiak atau bulu lainnya sampai tuntas sehingga tidak akan tumbuh kembali. Salah satu caranya yaitu dengan IPL Treatment. Apa sih itu? Yuk, kita bahas!

IPL adalah singkatan dari Intense Pulsed Light. Banyak orang mengira IPL sama dengan laser hair removal, padahal keduanya berbeda. Hal itu dijelaskan oleh spesialis wajah dan laser Debbie Thomas.

"IPL merupakan jenis perawatan ringan yang menggunakan gelombang cahaya yang kuat untuk menstimulasi atau mengatasi berbagai masalah di dalam kulit. Terkadang orang mengira IPL adalah laser karena mereka dapat melakukan beberapa hal serupa, padahal sebenarnya tidak sama. Namun, prinsip cara kerjanya serupa yaitu keduanya mengarahkan cahaya ke pigmentasi di rambut, menyebabkan semburan panas yang merusak atau membunuh sel yang menyebabkan rambut tumbuh,” jelas Thomas seperti dilansir dari Harper's Bazaar, Rabu (23/11/2022). 

Adapun yang membedakan IPL dengan laser adalah gelombang cahayanya. IPL bekerja melepaskan cahaya dari berbagai gelombang cahaya, sementara laser fokus pada satu gelombang cahaya saja. Keduanya memang bekerja untuk memanaskan folikel rambut dan mencegahnya tumbuh kembali.

1669189207-IPL-Treatment.jpgSumber: Ilustrasi IPL treatment. (Freepik/senivpetro)

Lantaran cara kerjanya memanaskan folikel rambut, apakah treatment ini terasa sakit saat dilakukan? Jawabannya berbeda-beda tergantung toleransi rasa sakit kamu. Selain untuk hair removal, IPL treatment sebenarnya juga bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah, seperti jerawat dan bekasnya, mengikis sel kulit mati, mencegah penuaan, sampai menyamarkan kerutan. 

IPL treatment pada umumnya berlangsung sekitar 30-60 menit. Lalu kamu juga perlu melakukannya beberapa kali, sekitar 4-6 kali sesi treatment, untuk memperoleh hasil yang optimal. Namun bisa saja lebih singkat atau lebih lama, semua kembali lagi ke ke siklus pertumbuhan rambut sendiri.

“Rambut kamu punya siklus seperti halnya kulit. Rambutmu punya fase pertumbuhan, fase istirahat, dan fase rontok. Salah satu alasan utama mengapa kamu perlu melakukan perawatan berulang dengan IPL atau bahkan laser, adalah karena rambutmu tidak semuanya berada dalam fase siklus yang sama pada waktu yang bersamaan. Jadi untuk menangkap semuanya, dan menyingkirkannya secara permanen, kamu hampir harus mengejar siklusnya. Inilah sebabnya mengapa perawatan IPL di rumah sering diulang setiap empat minggu setelah fase perawatan mingguan awal,” kata dokter kulit Dr Anjali Mahto.

Treatment ini aman, hanya saja kamu perlu melakukannya di bawah pengawasan ahlinya lantaran tidak semua orang bisa melakukannya. Ada beberapa kondisi yang bisa saja menggagalkan klien mendapat treatment ini, misalnya klien tersebut sedang mengkonsumsi suatu obat karena kondisi kesehatannya. Maka dari itu, kamu perlu konsultasi terlebih dulu ke dokter sebelum melakukan treatment satu ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait