Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

ITS, Nokia dan Indosat Ooredoo Hadirkan 5G Experience Center Pertama di Indonesia

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
ITS, Nokia dan Indosat Ooredoo Hadirkan 5G Experience Center Pertama di Indonesia
Image: Peresmian ITS 5G Experience Center, Kamis (16/9/2021). Sumber: Humas ITS

Surabaya - Ada yang baru di Gedung Pusat Robotika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Dalam kawasan science technopark (STP) itu kini terdapat 5G Experience Center.

Kehadiran 5G Experience Center di ITS merupakan yang pertama di Indonesia. Hal ini juga menandakan bahwa ITS merupakan kampus pertama yang mempunyai 5G Experience Center di Indonesia.

Manajer Kawasan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Robotika ITS sekaligus Person in Charge (PIC) program pengembangan 5G Experience Center di ITS, Dr Ir Endroyono DEA mengatakan bahwa area ini merupakan wadah untuk mengembangkan calon pelaku transformasi digital dan menjadi pusat inovasi teknologi dan penerapan TIK di era 5G ke depannya.

"Fasilitas ini akan fokus menyediakan pendidikan, pengembangan, dan kemampuan pengujian di bidang 5G, dalam rangka membantu memperkuat talenta digital lokal, mempercepat pengembangan konten dan use case 5G lokal, dan mendorong pembangunan ekonomi dengan memanfaatkan keunggulan teknologi 5G," kata Endroyono seperti dikutip dalam keterangan resminya, Jumat (17/9/2021).

1631856228-ITS-5G.jpegSumber: Khofifah Indar Parawansa (kiri) melihat langsung inovasi autonomous vehicle ITS yang memanfaatkan jaringan 5G di ITS 5G Experience Center, Kamis (16/9/2021). Sumber: Humas ITS

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pusat inovasi ini dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung. Mulai dari wahana untuk pengenalan teknologi 5G (center of knowledge), tempat pengembangan aplikasi dan use case untuk para mahasiswa dan startup binaan ITS (center of creativity), serta pelengkap proses edukasi, hingga pelatihan dan sertifikasi (center of excellence).

1631856236-ITS-5G2.jpegSumber: Sandiaga Uno (kiri), Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati (tengah), dan Rektor ITS Mochamad Ashari (kanan) meninjau ruang pameran teknologi yang memanfaatkan jaringan 5G di ITS 5G Experience Center, Kamis (16/9/2021). Sumber: Humas ITS

5G Experience Center ini dikembangkan ITS bersama dengan Nokia dan Indosat Ooredoo, guys. Kehadirannya pun mendapatkan dukungan dan disambut baik oleh berbagai pihak, mulai dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), hingga Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dengan berbagai dukungan itu pun, Rektor ITS Mochamad Ashari berharap dengan munculnya inovasi-inovasi baru yang bisa dimanfaatkan sepenuhnya untuk kemanusiaan dari pusat inovasi ini.

“Pembukaan 5G Experience Center baru ini merupakan capaian luar biasa bagi ITS dan Kota Surabaya," kata Ashari.

"Harapannya, ITS dapat menjadi center of humanity sesuai dengan tagline ITS tahun ini Advancing Humanity,” harapnya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait