menu
user
URstyle

Jadikan Diet Sebagai Gaya Hidup, Mulai Lakukan 5 Tips Ini Yuk!

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jadikan Diet Sebagai Gaya Hidup, Mulai Lakukan 5 Tips Ini Yuk!
Image: Ilustrasi diet sebagai gaya hidup. (Pixabay/Anete Lusina)

Jakarta - Kamu lagi menjalani program diet tapi masih sering merasa sukar dan tidak terbiasa untuk melakukannya? Tenang Urbanreaders, diet itu sebenarnya nggak harus melulu memangkas seluruh makanan atau kalori.

Diet secara harfiah adalah mengatur jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh secara tepat. Perlu kamu ingat bahwa program diet sebenarnya adalah dengan mengubah pola makan dan memperhitungkan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh.

Jadi bukan berarti kamu harus mengubah pola makan secara drastis dan menyiksa tubuhmu dengan diet ketat, hal ini justru hanya akan membuat diet kamu gagal dan jatuh sakit. Kamu perlu menerapkan diet sehat yang bisa membantu kamu merasa nyaman untuk menjalaninya sehingga tubuh lebih sehat dan stamina tetap terjaga.

Berikut lima tips yang bisa kamu lakukan agar program diet kamu menjadi gaya hidup yang berkelanjutan:

Tetap Konsumsi Makanan Favoritmu

1614086167-pexels-photo-4869423.jpeg-pixabay-by-roman-odintsov-makanan-favorit.jpegIlustrasi konsumsi makanan favorit. (Pixabay/Roman Odintsov)

Jangan pernah abai dan mengucapkan selamat tinggal pada makanan favoritmu. Sebab faktanya, dengan mengonsumsi  makanan favorit setiap hari dalam jumlah kecil, justru dapat membantumu untuk tetap terjaga dengan diet yang sedang kamu lakukan.

Penelitian dari Journal of American Dietic Assoicistion menunjukan bahwa memakan makanan kesukaan dengan porsi kecil tidak akan mengurangi upaya penurunan berat badan.

Jadi nggak ada salahnya kalo kamu sesekali memanjakan lidah dengan memakan  sepotong kue, cokelat, ice cream, atau lainnya. Tapi jangan konsumsi makanan favoritmu secara berlebihan ya, kamu tetap harus memperhatikan kebutuhan kalori harianmu.

Konsumsi Makanan yang Membuatmu Puas

1614086379-pexels-photo-936611.jpeg-pixabay-by-Trang-Doan.jpegIlustrasi makanan yang membuat kamu puas (Pixabay/Trang Doan)

Saat lapar, kamu makan terlalu cepat pada waktu makan berikutnya. Akibat makan yang terlalu cepat inilah pada akhirnya dapat menyebabkan konsumsi kalori menjadi berlebih karena tubuh kamu tidak punya waktu untuk merasa kenyang.

Kamu butuh asupan tiga nutrisi yang bisa membantu kamu merasa lebih kenyang, yaitu protein, lemak, dan serat.

Sumber protein yang baik bisa datang dari sumber hewani ataupun nabati seperti halnya dada ayam, tuna, tahu, tempe, dan yang lainnya.

Selanjutnya, yang kamu butuhkan adalah asupan lemak. Seringkali orang yang sedang melakukan program diet salah mengartikan, bahwa ketika sedang diet tidak boleh mengonsumsi apapun yang mengandung lemak. Anggapan ini ternyata salah besar.

Kamu tetap butuh asupan lemak, karena lemak punya manfaat tersendiri bagi tubuh untuk membantu menyerap nutrisi tertentu dan juga lemak dapat menambah cita rasa pada makanan. Asupan lemak ini bisa kamu dapatkan seperti halnya kacang-kacangan dan alpukat.

Yang ketiga yaitu serat, tubuhmu juga sangat memerlukan asupan serat setiap harinya. Kandungan serat biasanya bisa kamu dapatkan dalam sayur ataupun buah-buahan, selain itu kanduran serat yang ada pada buah-buahan juga sayuran ini juga umumnya sangat rendah kalori. Jadi sangat pas jika dikonsumsi saat diet.

Mulailah dengan Perubahan Kecil

1614086489-pexels-photo-2905547.jpeg-olah-raga-pixabay-by-Wai-Yan-Matthew.jpegIlustrasi perubahan kecil. (Pixabay/Wai Yan)

Kamu nggak perlu terlalu buru-buru saat melakukan perubahan pada tubuh indah mu, mulailah dengan perubahan kecil seperti halnya mengubah pola makan.

Kamu bisa membiasakan diri untuk memperbanyak minum air putih, menambahkan satu porsi sayuran atau buah-buahan, dan melakukan aktivitas fisik 2-3 kali dalam seminggu untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Jangan pernah mencoba perubahan yang terlalu drastis, karena halini hanya akan membuat kamu gagal diet sehingga metabolisme tubuh kamu akan semakin berkurang dan kamu akan mudah sakit nantinya.

Jangan Mencoba Menjadi Sempurna

1614086601-pexels-photo-3193757.jpeg-Menjadi-sempurna-pixabay-by-Nesrin-Danan.jpegIlustrasi menjadi sempurna. (Pixabay/Nesrin Danan)

Kamu perlu tau nih, diet bukan untuk menjadikan dirimu terlihat sempurna. Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri dengan melakukan berbagai macam cara untuk bisa memperoleh tubuh yang ramping dan berat badan yang sempurna.

Bersikaplah realistis, terkadang otak kita selalu berpikir atau berkeinginan kuat untuk bisa memiliki tubuh ramping seperti tokoh atau idola yang kita gemari dengan cara menghilangkan gula dan sumber karbohidrat.

Hal ini justru bisa membuatmu stres karena harus menahan lapar demi untuk memperoleh hasil yang sempurna, lebih baik kamu mencoba untuk bisa membiasakan diri mengatur pola makan sehat, buatlah target mu sendiri tanpa harus menyiksa diri.

Kembali ke Program Dietmu

1614086680-pexels-photo-4474052.jpeg-ketut-subiyanto-pixabay.jpegIlustrasi kembali ke program diet. (Pixabay/Ketut Subiyanto)

Kalau kamu mulai merasa terlalu banyak makan-makanan kesukaanmu atau melakukan cheating yang mempunyai kadar kalori tinggi terlalu banyak, jangan lantas menyalahkan diri sendiri, segeralah kembali ketujuan awal dietmu.

Jangan juga kamu menunggu berhari-hari untuk kembali ketujuan awalmu. Segeralah konsumsi makanan yang membuat tubuh kamu merasa jadi lebih baik.

Gimana menurut kamu, guys? Sudahkah kamu melakukan diet sehat sejak hari ini? Mulai sekarang, kamu jangan lagi terlalu keras melakukan diet hingga menyiksa diri ya, tapi lakukanlah 5 tips di atas. Semoga tips di atas bisa membantu kamu untuk menjalani gaya hidup sehat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait