menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Jadwal Puasa Ramadan 2021 versi Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah

Kintan Lestari,
27 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jadwal Puasa Ramadan 2021 versi Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah
Image: Ilustrasi masjid. (Freepik/h9images)

Jakarta - Urbanreaders, sebentar lagi kita akan segera menjalani ibadah puasa nih.

Tentunya kalian penasaran seperti apa jadwal puasa Ramadan 1442 H atau 2021 Masehi kan?

Kementerian Agama (Kemenag) rencananya akan menggelar sidang isbat penentuan awal Ramadan hari ini (12/4/2021), tepatnya sore nanti mulai pukul 16.45 WIB.

Situs Kementerian Agama menyebut sidang isbat akan dibagi tiga tahap. Tahap pertama adalah pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H yang dilakukan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag. Tahap pertama akan disiarkan secara langsung.

Lalu tahap kedua adalah sidang isbat yang digelar tertutup setelah salat Magrib. Dan tahap terakhir barulah konferensi pers hasil sidang yang akan diumumkan pukul 19.30 WIB oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Berbeda dengan pemerintah yang belum menentukan jatuhnya 1 Ramadan, Muhammadiyah menetapkan awal puasa jatuh besok hari, Selasa (13/4/2021).

Tanggal tersebut diambil merujuk pada hasil perhitungan astronomi (hisab) yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“1 Ramadan 1442 H jatuh pada hari Selasa Wage, 13 April 2021 Masehi,” kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir seperti dikutip Antara, Rabu (10/2/2021).

Tak jauh beda dengan Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU) juga memprediksi jatuhnya 1 Ramadan adalah hari Selasa, 13 April 2021.

Meski demikian, NU masih perlu menunggu hasil rukyatul hilal yang digelar hari ini. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait