menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Jangan Buang Waktu, Ini 4 Tips Kencan Online yang Efektif

Itha Prabandhani,
12 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jangan Buang Waktu, Ini 4 Tips Kencan Online yang Efektif
Image: Ilustrasi kencan online (Freepik/burdun)

Jakarta - Saat ini, ada beragam cara untuk memudahkan kamu mencari calon pasangan hidup. Salah satunya adalah berkencan secara online. Apalagi mengingat pandemi belum juga berakhir.

Berkencan secara online, nggak hanya dilakukan buat menemukan calon pasangan aja. Tak jarang, sesudah kamu berkenalan dan dalam proses PDKT, kencan secara online pun mesti dilakukan karena keterbatasan situasi.

Misalnya, karena kamu atau si dia nggak bisa keluar rumah untuk ketemuan, kamu bisa mengganti acara kencanmu dengan kencan Zoom atau Facetime.

Namun, cara berkencan seperti ini pasti nggak sama dengan bertemu secara langsung. Ada beberapa kekurangan yang bikin proses pencarian soulmate maupun PDKT kurang berjalan mulus.

Nah, biar kamu bisa memanfaatkan kencan online secara maksimal, yuk simak beberapa tips dari Urbanasia berikut ini.

1. Pilih Apps yang Sesuai

1609385486-kencan-online-malam-tahun-baru.jpgSumber: Ilustrasi kencan online. (Freepik)

Apps yang kamu pilih akan menentukan jenis orang yang bakal kamu temui di dalamnya. Karena itu, kamu mesti pintar-pintar memilih jenis apps yang kamu masuki. Lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui jenis apps yang paling cocok buat kamu. Kalau kamu ingin mencari hubungan yang serius, hindari apps yang menawarkan kencan semalam atau hanya untuk iseng-iseng aja.

2. Lakukan Background Check

1587173394-dating-apps.jpgSumber: Ilustrasi kencan online (Freepik)

Saat kamu sudah cukup intensif berkomunikasi dengan seseorang, jangan lupa lakukan background check terhadap orang tersebut. Manfaatkan media sosial yang ada untuk lebih mengenal kepribadiannya.

Kamu bisa follow semua akun media sosialnya dan sempatkan waktu untuk memeriksa foto-foto maupun unggahan-unggahan lain. Dari situ kamu bisa punya gambaran lebih dalam tentang kepribadiannya. Kamu juga bisa tahu siapa lingkaran pertemanannya dan seperti apa mereka.

3. Selektif

1595295262-LDR-(1).jpgSumber: Ilustrasi kencan online. (Freepik)

Kalau kamu saat ini ada dalam proses seleksi calon pacar, kamu mesti ekstra hati-hati dalam memilih teman kencanmu. Situasi yang terjadi saat ini mungkin saja bikin kamu atau dia langsung merasakan koneksi yang instan, tanpa berpikir panjang.

Obrolan yang nyambung, atau penampilan di kamera yang menarik, belum tentu menggambarkan kepribadian dia sesungguhnya. Jadi, tetap berpegang pada kriteria calon pacar yang ideal dan jangan terburu-buru memutuskan untuk jadian. Lebih baik menunggu, daripada terlanjur masuk dalam hubungan yang salah.

4. Terus Terang

1595295275-LDR3.jpgSumber: Ilustrasi kencan online (Freepik)

Setelah melalui proses komunikasi, selalu ada kemungkinan bahwa akhirnya kamu merasa kurang cocok dengannya. Namanya juga proses berkenalan. Dalam situasi ini, pasti bakalan canggung banget kan kalau kamu tiba-tiba ngilang begitu saja?

Nah, daripada dianggap PHP, katakan terus terang saja bahwa kamu merasa lebih cocok sebagai teman ketimbang pacar. Setelah itu, batasi komunikasi dengan dia, agar tidak terjadi salah paham. Lalu, lanjutkan proses pencarianmu sampai menemukan seseorang yang benar-benar cocok.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait