Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Jangan Kebalik! Ini Perbedaan Smartwatch dan Smartband

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jangan Kebalik! Ini Perbedaan Smartwatch dan Smartband
Image: Galaxy Watch 3. (Urbanasia)

Jakarta - Belakangan ini kehadiran smartwatch dan smartband atau jam pintar menjadi perangkat yang digemari. Jam tangan analog pun mulai banyak ditinggalkan.

Seperti kita tahu, jam pintar menawarkan inovasi jam tangan sebagai penunjuk waktu yang bisa terintegrasi dengan gadget yang kita punya. 

Baik smartwatch dan smartband, keduanya hadir dengan fitur yang nggak dimiliki jam tangan analog. Meski serupa, ada sejumlah perbedaan antara smartband dan smartwatch loh. 

Nah, apa saja, sih yang sebenarnya jadi pembeda? Simak penjelasan berikut ini seperti dikutip dari rilis resmi Erafone.

Beda Bentuk

Secara bentuk nih Urbanreaders, kelihatan betul perbedaan smartwatch dan juga smartband. Jika smartwatch benar-benar berbentuk seperti jam tangan, sedangkan smartband bentuknya lebih seperti gelang, itu mengapa disebut ‘band’. 

Beda Fitur

Umumnya fitur yang ada di smartband pasti ada di smartwatch. Namun tidak berlaku sebaliknya. Smartwatch hadir dengan fitur yang jauh lebih komplit guys. 

Contoh saja, Garmin Forerunner 245 yang sudah memiliki fitur GPS. Jam tersebut bisa kamu pakai untuk olahraga lari atau sepeda tanpa perlu membawa smartphone loh.

1599614903-Galaxy-Watch-3--(2).jpgSumber: Galaxy Watch 3. (Samsung)

Selain itu, ada juga fitur Samsung Galaxy Watch 3 yang bisa terkoneksi dengan aplikasi pemutar musik favorit kamu seperti Spotify atau Deezer tanpa perlu membawa smartphone. Kamu hanya perlu mengkoneksikan Galaxy Watch 3 dengan Galaxy Buds Plus, dan nikmati musik di mana pun kamu berada.

Tak cuma itu, Samsung Galaxy Watch3 juga secara otomatis bisa mendeteksi jatuh yang keras dengan akselerometer yang ditingkatkan, mengirimkan SOS ke kontak darurat kamu dengan lokasi tempat kamu mengalami accident. 

Lalu, pilih smartwatch atau smartband, ya?

Sebenarnya tergantung kebutuhan fitur dan berapa budget yang kamu miliki. FYI, jika kamu memilih smartwatch, meskipun harganya lumayan namun cukup layak digunakan buat jangka panjang ditambah fitur yang lebih maksimal.

Seperti smartwatch Garmin yang setelah dikoneksikan ke smartphone yang kompatibel, kamu akan dapat menerima pesan SMS dan melihat pembaruan media sosial, email, telepon dan lainnya di pergelangan tangan kamu. Jadi tetap bisa update walau nggak bawa smartphone.

Jangan lupa untuk teliti membandingkan harga masing-masing perangkat sebelum membeli. Tak ada salahnya juga memanfaatkan promo-promo khusus atau diskon yang tersedia seperti Eraversary 2021 yang menyediakan cashback dan flash sale untuk setiap pembelian smartwatch di Eraspace.

Dengan adanya flash sale tersebut, kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan special deals untuk gadget dan beragam hadiah seperti Hyundai KONA Electric, Vespa Primaversa, Sepeda Brompton, Play Station 5, smartwatch Garmin.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait