beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Jaringan Telekomunikasi di Kawasan Semeru Terdampak Erupsi

Shinta Galih,
10 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jaringan Telekomunikasi di Kawasan Semeru Terdampak Erupsi
Image: Tangkapan layar video warga yang mengabadikan erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021). (Ist)

Jakarta - Erupsi Gunung Semeru berdampak terhadap pasokan arus listrik. Imbasnya infrastruktur telekomunikasi milik operator seluler sehingga mengganggu layanan jaringan telekomunikasi di beberapa lokasi. 

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Dedy Permadi. Saat ini, Dedy mengatakan, proses pemulihan masih terus dilakukan. 

"Beberapa BTS yang dioperasikan oleh Telkomsel, Indosat, XL dan Smartfren mengalami pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN. Tindakan recovery dan mitigasi seperti menyiapkan back up genset telah dilakukan," kata Dedy.

Dedy melanjutkan,  sejumlah jaringan kabel backbone milik sejumlah operator, seperti Telkom, Fiberstar, dan Biznet, ikut pula terputus setelah Gunung Semeru erupsi.

Proses recovery tengah diupayakan, namun terkendala karena status beberapa daerah masih berbahaya sehingga masih belum mengizinkan adanya kegiatan apapun. 

"Saat ini tim sedang mencari backup jaringan yang tersedia dan mencari jalur alternatif yang terdekat dengan jalur existing untuk pemulihan jaringan telekomunikasi bagi masyarakat di sekitar lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru," pungkas Dedy.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait