Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

Jatim Raih Juara Umum Kompetisi Sains Nasional 2021

Nivita Saldyni,
12 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jatim Raih Juara Umum Kompetisi Sains Nasional 2021
Image: Perwakilan Jatim menerima piala juara umum dalam penutupan KSN 2021, Jumat (12/11/2021). (YouTube Pusat Prestasi Nasional)

Surabaya - Provinsi Jawa Timur berhasil menjadi juara umum dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021. Menurut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, pencapaian ini berhasil dikaih karena sinergi yang baik dari berbagai pihak.

Terlebih ini merupakan kali kedua Jatim keluar sebagai juara umum dalam ajang KSN, guys. Sebelumnya, Jatim juga berhasil meraih juara umum pada KSN 2020.

"Semua ini tidak bisa diraih tanpa sinergi antara pemerintah, para guru, orang tua, dan anak didik," kata Khofifah dalam keterangan resminya, Senin (15/11/2021).

Pada tahun 2021 ini, Jatim berhasil memboyong 83 medali. Jumlah tersebut terdiri dari emas 29 medali, perak 29 medali dan perunggu 25 medali.

Jatim berhasil mengungguli DKI Jakarta di peringkat dua dengan perolehan 74 medali yang terdiri dari emas 21 medali, perak 28 medali, dan perunggu 25 medali. Sementara di urutan ketiga ada Jawa Barat dengan perolehan 52 medali yang terdiri dari emas 11 medali, perak 15 medali dan perunggu 26 medali. 

Menurut Khofifah, pencapaian ini merupakan kado untuk peringatan Hari Guru yang jatuh pada 25 November mendatang. Apalagi menurut Khofifah peran guru dalam memajukan dunia pendidikan sangat besar. Termasuk di masa pandemi COVID-19 ini, para guru telah membawa pengaruh besar pada kegiatan belajar mengajar.

"Namun, semangat para guru yang luar biasa mempu menghantarkan anak didiknya meraih prestasi yang luar biasa," kata Khofifah.

Lebih lanjut, Khofifah menjelaskan bahwa memajukan dunia pendidikan merupakan salah satu program besarnya, yaitu 'Jatim Cerdas'. Sejak menjabat sebagai Gubernur, ia sudah berkomitmen untuk mengembangkan dunia pendidikan dan prestasi Jatim.

Nah, hasilnya berbagai pencapaian positif di dunia pendidikan satu per satu diraih Jatim. Salah satunya Jatim berhasil meraih predikat lululusan SMA, SMK, dan sederajat terbanyak yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri. Hal ini, kata Khofifah, juga sejalan dengan ajakan Presiden RI Joko Widodo untuk memajukan Indonesia dengan mewujudkan SDM unggulan dan berkualitas.

"Pendidikan merupakan pondasi yang sangat penting. Sebab pendidikan merupakan modal utama dalam membentuk SDM unggulan dan berkualitas," katanya.

Nah untuk mewujudkan kemajuan pendidikan, Khofifah mengatakan bahwa sinergi yang baik antara pemerintah, para guru, orang tua, dan anak didik sangat dibutuhkan. Sinergi itulah yang menurutnya akan mewujudkan kemajuan pendidikan dan mendorong terwujudnya SDM unggulan yang berkualitas.

"Saya kembali menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi atas perestasi ini, mari terus bersinergi dalam memajukan pendidikan di Jawa Timur," tutupnya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait