Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Jet Li dan Sederet Artis Terancam Diblacklist Pemerintah Cina, Kenapa?

Alwin Jalliyani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jet Li dan Sederet Artis Terancam Diblacklist Pemerintah Cina, Kenapa?
Image: Sosok Jet Li. (Instagram @jetli)

Jakarta - Sutradara asal Tiongkok, Zhou Guogang mengungkap bahwa aktor bela diri Jet Li masuk daftar blacklist pemerintah Cina karena merupakan warga negara asing.

Bukan hanya Jet Li, sejumlah nama aktor beken lainnya masuk ke dalam daftar blacklist pemerintah Xi Jinping karena bukan warga negara Cina.

“Selain Li, yang memegang kewarganegaraan Singapura, nama lain dalam daftar tersebut yaitu Liu Yifei (Amerika), Nicholas Tse (Kanada), Zhang Tielin (Inggris) dan Mark Chao (Kanada), serta penyanyi Will Pan (Amerika) dan Wang Leehom (Amerika),” ujar Zhou, dikutip dari Straits Times Singapura, Senin (6/9/2021).

Zhou memberikan peringatan kepada Jet Li untuk segera meninggalkan Cina.

“Cepat kabur. Bulan depan, rumah itu mungkin runtuh menimpamu,” sambungnya.

Menanggapi beredarnya daftar tersebut, pemerintah Cina belum memberikan keterangan resmi apa pun.

Berdasarkan berkas yang diduga berasal dari Administrasi Radio dan Televisi Nasional Cina, pemerintah akan melakukan kebijakan pembatasan baru terhadap selebriti dengan kewarganegaraan asing.

Di samping itu, Cina memang sedang mengatur industri hiburan dengan memperketat regulasi. Mulai dari penindakan konten vulgar, membatasi gaji selebriti, dan menindak tegas selebriti yang melakukan penyelewengan pajak.

“Penghindaran pajak akan mendapat hukuman berat. Para selebriti didorong berpartisipasi dalam program kesejahteraan masyarakat dan memikul tanggung jawab sosial bersama,” tulis aturan tersebut, dilansir Reuters.

Sebelumnya, aktris Zheng Shuang dijatuhkan denda sebesar US$ 46 Juta atau sekitar Rp 660 miliar karena melakukan pengemplangan pajak. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait