beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

Jurusan Agribisnis: Pengertian, Keunggulan, hingga Prospek Kerjanya

Suci Nabila Azzahra,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jurusan Agribisnis: Pengertian, Keunggulan, hingga Prospek Kerjanya
Image: Ilustrasi. (Freepik)

Jakarta - Pemilihan jurusan kuliah yang tepat sangat berpengaruh terhadap masa depan. Untuk itu, perlu banyak pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

Salah satu jurusan yang mungkin belum banyak diminati adalah jurusan agribisnis. Karena kamu kurang mengenalinya, mungkin kamu masih ragu apakah jurusan ini cocok untuk dipilih atau tidak.

Nah, pada kesempatan kali ini, Urbanasia akan bahas lebih mendalam mengenai jurusan agribisnis. Yuk simak pengertian, keunggulan, hingga prospek kerjanya!

Pengertian Jurusan Agribisnis

Jurusan agribisnis adalah cabang ilmu yang akan mengajak kamu mempelajari dunia pertanian pada banyak sektor. Di sini kamu akan mempelajari tentang bagaimana mendapatkan keuntungan, menjalankan ekonomi lewat hasil pengendalian budidaya dan pertanian yang kamu kembangkan. Sebenarnya ilmu agribisnis salah satu jurusan yang keren. 

Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, agribisnis merupakan usaha penyediaan pangan. Dari segi akademik, agribisnis mempelajari strategi untuk mendapatkan keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, penyediaan bahan baku, panen, pengolahan, hingga pemasaran.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Agribisnis?

Salah satu yang menjadi pertanyaan ketika hendak memilih jurusan adalah hal apa saja yang dipelajari di dalamnya. Di jurusan ini, ada banyak mata kuliah jurusan agribisnis yang akan kamu peroleh, yang tentunya akan sangat bermanfaat ketika terjun di dunia kerja.

Tak hanya tentang pertanian atau peternakan, ruang lingkup program studi agribisnis rupanya lebih luas dari itu. Agribisnis merupakan usaha komersial sehingga menuntut kamu untuk tidak hanya dapat menghasilkan produk pertanian, tetapi juga harus mendapatkan keuntungan darinya.

Sebagai contoh, jika kamu ingin melakukan budidaya cabai, yang dipelajari tidak hanya cara membudidayakannya. Kamu juga akan diajak untuk memahami peluang bisnis dari budidaya yang telah dilakukan, misalnya dengan menjual hasil pertanian tersebut kepada yang membutuhkan.

Selain itu, kamu juga dapat menggali peluang lain dengan meningkatkan nilai ekonomi cabai. Contohnya adalah dengan cara mengolahnya menjadi produk lain sehingga bisa dijual lagi dengan harga yang lebih menguntungkan.

Alasan Memilih Jurusan Agribisnis

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait