beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Kakbah hingga Rumah Messi, Ini 7 Tempat yang Tidak Boleh Dilintasi Pesawat

Griska Laras,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kakbah hingga Rumah Messi, Ini 7 Tempat yang Tidak Boleh Dilintasi Pesawat
Image: Kakbah/Freepik Zurijeta.

Jakarta – Beberapa tempat di dunia kini bisa dikunjungi dengan cepat melalui jalur udara. Tapi ada beberapa tempat yang nggak boleh dilintasi pesawat lho. Tempat-tempat ini dikenal dengan nama no fly zone (NFZ) atau zona larangan terbang. 

Urbanreaders mungkin bertanya-tanya buat apa sih ada zona larangan terbang? Menurut Alternative Airlines, ada beberapa alasan suatu wilayah menetapkan aturan no fly zone

Alasan no fly zone yang paling umum adalah kondisi geografis. Beberapa negara memiliki lanskap yang cukup ekstrem sehingga bisa membahayakan penumpang pesawat. 

Selain itu zona larangan terbang juga banyak diberlakukan di istana atau kantor pemerintahan untuk keamanan tokoh-tokoh penting. 

Berikut ini Urbanasia rangkum beberapa tempat yang menerapkan aturan zona larangan terbang di dunia. 

1. Kakbah

1659436325-Kakbah-Zurijeta.jpgSumber: Kakbah/Freepik Zurijeta.

Kakbah merupakan pusat ibadah umat muslim. Setiap tahun ada tempat suci ini dikunjungi jutaan orang dari berbagai negara di dunia. Larangan terbang di atas kakbah pun dibuat untuk menghormati para jemaah yang beribadah di sana.

2. Tibet 

1659436343-Himalaya-Tibet-Wirestock.jpgSumber: Pegunungan Himalaya di Tibet/Freepik Wirestock.

Tibet menjadi negara yang dihindari beberapa maskapai penerbangan. Negara beratap langit ini memiliki kondisi geografis yang ekstrem karena ada di kompleks Pegunungan Himalaya. 

3. Taj Mahal 

1657793285-Taj-Mahal.jpgSumber: Instagram/tajmahalindiaofficial

Badan keamanan nasional India menetapkan zona larangan terbang di sekitar Taj Mahal. Aturan itu diberlakukan untuk melindungi situs bersejarah dari kecelakaan pesawat. Tak hanya pesawat komersil, pemerintah juga melarang drone dan helikopter terbang di atas Taj Mahal. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait