menu
user
URguide

Kamu Sering Lupa? Yuk, Kenali 5 Penyebabnya!

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kamu Sering Lupa? Yuk, Kenali 5 Penyebabnya!
Image: Ilustrasi sering lupa. (Pixabay/Andrea Piacquadio)

Jakarta - Lupa memang hal wajar, tapi jika keseringan lupa maka kamu harus tau penyebabnya agar bisa segera mengantisipasinya.

Berikut adalah lima kemungkinan yang menyebabkan kamu sering lupa, guys!

Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Beralkohol

1614260104-pexels-photo-5876788.jpeg-alkohol-pixabay-Gabby-K.jpegIlustrasi minuman beralkohol. (Pixabay/Gabby K)

Kebiasaan mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan hilangnya memori pada otak. Hal ini dapat membuat seseorang sering lupa dalam mengingat sesuatu.

Selain minuman beralkohol, penggunaan obat-obatan terlarang juga bisa menyebabkan seseorang jadi sering lupa.

Kurang Tidur

1614260182-pexels-photo-3094210.jpeg-kurang-tidur-pixabay-by-Valeria-Ushakova.jpegIlustrasi kurang tidur. (Pixabay/Valeria Ushakova)

Jam tidur dan kualitas tidur yang baik, penting untuk meningkatkan kualitas daya ingat. Waktu tidur yang kurang ataupun terlalu sedikit dan sering terbangun di malam hari akan sangat mengganggu kemampuan otak untuk mengingat, karena otak terlalu lelah.

Semakin sering kamu begadang, maka akan semakin sering juga kamu lupa. Maka dari itu, kamu perlu tidur dengan waktu yang cukup, Urbanreaders, dan hindari begadang untuk hal yang kurang perlu. Supaya kesehatan memori pada otak tetap terjaga.

Depresi atau Stres

1614260252-pexels-photo-3132388.jpeg-depresi-pixabay-by-Andrew-Neel.jpegIlustrasi depresi. (Pixabay/Andrew Neel)

Nah, saat kamu mengalami depresi atau stres. Maka, secara tidak langsung kondisi tersebut akan menghalangi perhatian, fokus dan konsentrasi yang kamu miliki.

Bukan cuma itu, depresi atau stres juga bisa mempengaruhi daya ingat sehingga kemampuan daya ingat menjadi lemah. Jika kamu dalam kondisi depresi atau stres, baiknya kamu segera berkonsultasi pada psikiater supaya dapat ditangani dengan tepat.

Terlalu Sering Merokok

1614260316-pexels-photo-247040.jpeg-merokok-pixabay-by-Basil-MK.jpegIlustrasi merokok. (Pixabay/Basil MK)

Salah satu penyebab sering lupa juga bisa terjadi sebab kamu terlalu sering merokok. Merokok dapat merusak memori pada otak dengan cara mengurangi oksigen yang masuk pada otak.

Penelitian menunjukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan merokok akan lebih sulit mengingat nama dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Untuk itu, buat kamu yang masih hobi merokok, baiknya segera dibatasi ya.

Kurang Asupan Vitamin B12

1614260381-pexels-photo-842142.jpeg-makanan-sehat-pixabay-by-Malidate-Van.jpegSumber: Ilustrasi makanan mengandung Vitamin B12. (Pixabay/Malidate Van)

Vitamin B12 sangat penting untuk fungsi otak yang sehat. Kekurangan Vitamin B12 dapat mempengaruhi daya ingat sehingga membuat kamu sering lupa. Bahkan yang terparah bisa menyebabkan kerusakan permanen pada otak.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mulai mencoba makan makanan yang banyak mengandung Vitamin B12, seperti salmon, daging, tuna, dan susu penunjang untuk mengatasi masalah tersebut.

Itulah lima hal kemungkinan penyebab sering lupa yang dialami banyak orang, temasuk kamu mungkin salah satunya. Selain lima hal di atas, kamu juga bisa mencoba metode lain untuk mengatasinya, salah satunya yaitu dengan membuat catatan penting di buku atau notebook pribadi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait