Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Kanye West Gelar Pre-release Album 'Donda'

Okke Oscar,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kanye West Gelar Pre-release Album 'Donda'
Image: Rapper Kanye West. (ANTARA FOTO/REUTERS / Randall Hill/aww.)

Hari ini (6/8), Kanye West mengadakan pre-release album ke-10 yang diberi nama 'Donda' meski belum tersedia di sejumlah platform musik. Setelah dua minggu lalu sempat memberi bocoran soal album barunya, dia tampil di Stadion Mercedes-Benz, Atlanta, di depan puluhan ribu penggemarnya.

Rapper kontroversial ini kabarnya menciptakan Donda di sebuah studio kecil di pusat kota Atlanta dan tidur di kamar yang sederhana. Dia juga mempekerjakan koki pribadi untuk memasak. 

Sebelumnya, pada 5 Agustus, West, mulai melakukan streaming seolah memberi syarat "menyelesaikan" album. Dengan menampilkan jam yang menghitung mundur ke waktu album dirilis. Halaman pra-order pun ditayangkan di Apple Music beberapa jam sebelum waktu hitung mundur selesai.

Dilansir USA Today, West menyebut Donda adalah sebuah perjalanan panjang sebelum menjadi album. Dia sebelumnya berjanji untuk merilis album kesepuluhnya itu pada Juli 2020, dengan judul DND: WTH CHLD, tak lama setelah menampilkan teaser sebuah lagu berjudul “Donda,” yang diambil dan dipersembahkan untuk mendiang ibunya, Donda West.

Pengaruh sang ibu, Donda West, terasa lebih kuat di album ini, karena sosoknya menginspirasi West dalam penciptaan lagu “Jesus Is Lord”.

Saat membawakannya, West berujar "Jika saya berbicara pada Tuhan, dapatkah saya menghidupkan kembali ibu?"

Sebuah renungan pilu yang mungkin bisa dirasakan orang-orang yang telah kehilangan sosok ibu. Nada-nada yang terdengar bergemuruh seperti gospel pun ditonjolkan dalam lagu "I Know God Breathed on This" diiringi pencahayaan lampu berwarna merah redup.

Nampaknya perceraian yang tengah dihadapi West dengan Kim Kardashian juga tertuang dalam lagu "Losing My Family". Lagu ini sempat dibawakan diiringi paduan suara yang merangkak di panggung bersamaan dengan kalimat pesan dari ibunya sebagai backsound.

"Tidak peduli apapun yang terjadi, kamu jangan pernah meninggalkan keluarga." 

Kim Kardashian juga nampak hadir di perilisan album tersebut dengan anak-anaknya untuk menunjukkan dukungan.

Untuk menutup acaranya, West ditarik seutas tali ke langit-langit panggung sambil diiringi “No Child Left Behind”. Dia pun bersyukur pada Tuhan dengan mengucap kalimat sentimental.

"Dia (Tuhan) telah menghadirkan banyak keajaiban di hidup saya," tutup West.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait