beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Kapan Puasa Tarwiyah? Simak Jadwal dan Keutamaannya

Kintan Lestari,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kapan Puasa Tarwiyah? Simak Jadwal dan Keutamaannya
Image: Ilustrasi Al-Quran. (Pexels/khats cassim)

Jakarta - Jelang hari raya Idul Adha, umat muslim disunahkan melakukan puasa sunah selama 10 hari selama awal bulan Dzulhijjah. Selama 10 hari itu, umat Islam melaksanakan yang dinamakan puasa Tarwiyah. Kapan puasa Tarwiyah?

Apa Itu Puasa Tarwiyah?

Sebelum kita ke jadwal puasa Tarwiyah, kalian harus tahu dulu nih apa sih puasa Tarwiyah itu? Jadi puasa Tarwiyah adalah puasa sunah yang dilakukan setiap tanggal 8 Dzulhijjah. 

Anjuran Allah SWT agar umatnya berpuasa tentu punya keutamaan yang baik. Begitu juga dengan anjuran puasa Tarwiyah ini. Bagi yang menjalankan ibadah puasa sunah ini, maka dosanya setahun yang lalu akan diampuni Allah.

Hal itu didasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu An-Najjar dan Abdullah bin Abbas.

صوم يوم التروية كفارة سنة وصوم يوم عرفة كفارة سنتين 

Artinya: "Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun" (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnu Najar). 

Banyak yang menjalankan puasa Tarwiyah karena riwayat hadis ini. Namun sebagian ahli berpendapat hadis ini kurang 'kuat' dijadikan sebagai sandaran. Oleh sebab itu, ada hadis lain yang menjelaskan kebaikan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. 

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله من هذه الأيام العشر 

Artinya: “Rasulullah SAW bersabda, ‘Tiada ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk diisi dengan ibadah sebagaimana (kesukaan-Nya pada) sepuluh hari ini.” (HR At-Tirmidzi).

Maka dari itu, puasa Tarwiyah yang jatuh tanggal 8 Dzulhijjah juga jadi hari baik untuk melakukan amal saleh.

Kapan Puasa Tarwiyah Tahun Ini?

Lalu kapan puasa Tarwiyah 2022? Seperti disinggung di awal, puasa sunah ini dilaksanakan setiap tanggal 8 Dzulhijjah. Namun untuk di Indonesia, terdapat perbedaan pelaksanaan Puasa Tarwiyah antara Pemerintah dan Muhammadiyah. 

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan bahwa awal bulan Dzulhijjah jatuh 1 Juli 2022. Dengan demikian, 8 Dzulhijjah berarti hari Jumat tanggal 8 Juli 2022. Namun, PP Muhammadiyah sebelumnya telah menetapkan bahwa awal Dzulhijjah jatuh pada tanggal 30 Juni, sehingga puasa Tarwiyah versi Muhammadiyah jatuh pada 7 Juli 2022.

Itu dia pembahasan kapan puasa Tarwiyah 2022. Semoga informasinya bermanfaat untukmu, Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait