menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Kasus COVID-19 di India Melonjak, Ratusan Warganya Masuk Indonesia

Griska Laras,
16 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kasus COVID-19 di India Melonjak, Ratusan Warganya Masuk Indonesia
Image: Ilustrasi peta penyebaran virus corona. (Computerworld)

Jakarta - Ratusan warga negara India masuk ke Indonesia saat gelombang kasus COVID-19 melonjak di sana. Kabar ini diungkap Kementerian Kesehatan dalam rapat bersama Satuan Tugas COVID-19 Riau.

Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dr. Benget Saragih menyebut ada sekitar 132 warga negara India yang memasuki Indonesia pada Rabu (21/4/2021).
 
Mereka berangkat menggunakan pesawat charter dan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).  

Benget Saragih mengatakan ratusan WNA yang masuk ke Indonesia bukan berasal dari kalangan pekerja, melainkan ibu rumah tangga dan telah mengantongi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

Lebih jauh, Benget mengatakan pihaknya tetap mengawasi dan melakukan pengetatan terhadap kedatangan WNA dengan melakukan pemeriksaan COVID-19 dan karantina di hotel selama 5 hari.

Kemenkes sendiri memiliki perhatian terhadap lonjakan kasus COVID-19 di India. Dia juga mengatakan, pihaknya telah mengusulkan pelarangan sementara WNA India masuk ke Indonesia di tengah lonjakan kasus COVID-19 di sana.

Pihaknya juga mengusulkan agar WNI atau WNA yang pernah berkunjung ke India melakukan karantina 14 hari dan lebih ketat lagi. 

Sebagaimana diketahui, India kini tengah mengalami gelombang kedua corona dimana kasus harian menembus rekor dunia.

Pada Jumat (23/4/2021), kasus COVID-19 di India telah mencapai 300 ribu orang. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait