beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Kasus COVID-19 Naik, Harapan Transisi Pandemi Jadi Endemi Kian Jauh?

Anisa Kurniasih,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kasus COVID-19 Naik, Harapan Transisi Pandemi Jadi Endemi Kian Jauh?
Image: Pasar Kampoeng Osing Banyuwangi terapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. (Humas Pemkab Banyuwangi)

Jakarta - Belum lama ini, kondisi pandemi COVID-19 Indonesia disebut telah bertransisi menuju fase endemi karena sudah tidak berada dalam kondisi yang darurat. Namun, harapan tersebut nampaknya memudar sejak angka kasus COVID-19 di Indonesia baru-baru ini kembali naik.

Hal ini pun menimbulkan banyak kekhawatiran dan kewaspadaan. Pasalnya, kenaikan kasus tersebut terjadi di tengah-tengah melonggarnya aturan pemakaian masker di luar ruangan.

Pekan lalu, kasus COVID-19 di Indonesia mengalami kenaikan di atas seribu kasus setiap harinya. Penyebabnya tak lain adalah subvarian Omicron terbaru, BA.4 dan BA.5. Juru Bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan, kasus corona di Indonesia mengalami kenaikan sebanyak 105 persen seminggu belakangan ini.

"Dilihat pada kasus mingguan, terjadi kenaikan sebesar 105 persen dari sebelumnya 3.688 pada minggu lalu, menjadi 7.587 di minggu ini," ujar Wiku dalam konferensi pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Indonesia, Selasa(22/6/2022).

Menurutnya, berdasarkan perbandingan data pada tanggal 12 dan 19 Juni 2022, Wiku mengungkapkan ada 19 provinsi yang mengalami kenaikan kasus aktif dengan lima provinsi tertingginya adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Bali, dan Jawa Timur.

Sementara itu, belum lama ini, Presiden Joko Widodo juga turut memberikan tanggapan terkait kasus harian COVID-19 di Tanah Air yang kembali meningkat dalam beberapa hari terakhir. Presiden menegaskan bahwa pemerintah dan masyarakat harus tetap waspada menghadapi pandemi.

"Sejak awal meskipun belum naik, dulu kan saya sudah ngomong, enggak sekali, dua kali, tiga kali, waspada, waspada, waspada, baik oleh yang Omicron maupun yang BA.4, BA.5," tegas Presiden dalam keterangannya, Jumat (17/6/2022).

Padahal, sebelumnya pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 menyebutkan, saat ini Indonesia sudah tidak berada dalam kondisi kedaruratan dalam merespon pandemi COVID-19, dan mulai bertransisi menuju fase endemi.

“Bisa dikatakan bahwa saat ini Indonesia sudah tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan dalam merespons pandemi COVID-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito dalam Konferensi Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Indonesia, Selasa (10/05/2022).

Langkah ini didukung dengan menurunnya tren kasus COVID-19 di tengah masyarakat. Dibuktikan dengan  tingkat rawat inap yang menurun hingga 97% serta kasus kematian melandai hingga 98%.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait