menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Kata Shopee soal Panggilan Menkop UKM Usai Ramai 'SellerAsingBunuhUMKM'

Eronika Dwi,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kata Shopee soal Panggilan Menkop UKM Usai Ramai 'SellerAsingBunuhUMKM'
Image: Ilustrasi Shopee Pay. (IG @shopeepay_id)

Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki telah memanggil manajemen Shopee pada Kamis 18 Februari kemarin, terkait fenomena Mr Hu yang sempat ramai di masyarakat.

Sebagai informasi, Mr Hu adalah sosok yang diduga menjadi seller Shopee yang menjual produk-produk dari China dengan harga murah.

Hal itu pun dinilai bisa menjatuhkan peluang UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk bisa kembali bangkit.

Terkait hal itu, Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia, Radityo Triatmojo mengatakan, dari 4 juta penjual aktif di Shopee, 98,1% nya merupakan UMKM yang berasal dari Indonesia.

Sisanya, 0,1% merupakan penjualan crossborder atau lintas negara seperti Mr Hu.

Sementara untuk seluruh penjualan barang Shopee, tercatat 4,1% berasal dari produk UMKM dalam negeri, 3% dari produk crossborder, dan sisanya pedagang besar lokal.

"Shopee berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan serta keberlangsungan bisnis para pelaku UMKM di Indonesia dengan memberikan sorotan khusus melalui inisiatif dan inovasi yang dihadirkan sejak awal Shopee berdiri," ujar Radityo Triatmojo, dalam keterangan pers, Jumat (19/2/2021).

Selain itu, Radityo Triatmojo mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah kementerian/lembaga pemerintah dalam mengadakan program edukasi dan pendampingan melalui program Kampus Shopee.

Tak sampai di situ, Shopee juga memasarkan produk UMKM dalam negeri melalui kanal khusus, Kreasi Nusantara.

Sementara itu, Menkop UKM Teten Masduki menegaskan pemerintah akan selalu melindungi UMKM lokal, dengan memastikan serta berkomitmen untuk mengembangkan UMKM dan mendorong produk lokal.

"Jika diperlukan, Kementerian Koperasi dan UKM akan mendorong diterbitkannya kebijakan Pemerintah untuk melindungi UMKM dari praktik perdagangan yang tidak adil," kata Teten Masduki dalam keterangan tertulisnya.

Sebelumnya, media sosial Twitter ramai dengan tagar '#SellerAsingBunuhUMKM'.

Banyak netizen mengunggah bukti transaksi pembelian barang di Shopee yang semuanya dikirim oleh penjual bernama Mr Hu dari China, dengan harga yang sangat murah.

Itulah yang menjadikan kekhawatiran masyarakat bisa mematikan UMKM lokal. 


 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait