beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Kecanduan Gadget Bikin Anak Malas? Coba Ajak Liburan!

Anisa Kurniasih,
23 November 2022 13.26.27 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kecanduan Gadget Bikin Anak Malas? Coba Ajak Liburan!
Image: Ilustrasi - Anak kecanduan gadget. (Pixabay)

Jakarta - Gadget kerap jadi senjata bagi orangtua untuk menjadi teman anak agar tenang dan betah di rumah.

Sayangnya, kini banyak anak yang akhirnya kecanduan dan tak mau lepas dari gadget hingga akhirnya malas melakukan aktivitas lain.

Masalah ini tentu tidak boleh dianggap enteng ya, Bunda. Pasalnya, kebiasaan main gadget terus-terusan akan berdampak buruk pada kesehatan anak.

Lalu, bagaimana sih cara orangtua agar si anak mau beranjak dari kamar dan lepas dengan gadget kesayangan? 

Salah satu cara yang disarankan adalah mengajaknya liburan, Bund. Menurut Febria Indra Hastati, psikolog Klinik Brawijaya Kemang, liburan bisa dimanfaatkan orangtua karena banyak aktivitas di luar rumah bersama anak.

Menurutnya, gadget memang menjadi godaan besar anak-anak di zaman sekarang. Namun, orangtua harus bisa menjelaskan ke anak bahwa nantinya liburan yang dia (anak) lakukan akan seru.

"Misal ada banyak activity, ketemu teman sebaya. Jadi berikan satu bayangan terlebih dahulu kepada anak agar mereka bersemangat," ujar Febria kepada Urbanasia, belum lama ini.

Kedua, Febria menyarankan agar anak bisa lepas dari gadget saat liburan, orangtua bisa membuat aturan kalau nanti semua yang ikut tidak pegang gadget, jadi orang tua pun harus mengikuti nasehatnya sendiri.

Jika memang harus menggunakan gadget, menurut Febria hal yang bisa dilakukan adalah dengan menangkap momen keseruan liburan yang sekiranya bisa diabadikan.

Jadi, penggunaan handphone di sini untuk menangkap momen bersama yang bisa diingat lagi di masa mendatang.

"Untuk orangtua zaman sekarang, kalau anak tidak ingin adiksi dengan gadget, orang tua pun harus membatasi pemakaian gadget. Orangtua yang bertanggung jawab perlu menjadi role model untuk anak anda," tutup Febria.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait