Hot News

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa baru saja memamerkan robot KECE buatan Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Robot ini baru saja diterima oleh Pemprov Jatim, Senin (13/7/2020) lalu di Gedung Negara Grahadi di Kota Surabaya.

"Kenalkan, ini adalah robot buatan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang diberi nama KECE. Singkatan dari Kreatif Energik Cantik dan Elegan," tulis Khofifah di akun Instagram pribadinya.

Yup, Unesa baru saja menyumbangkan dua unit robot KECE kepada Pemprov Jatim untuk membantu penanganan COVID-19 di rumah sakit di Jatim.

Khofifah pun menyebut bahwa robot KECE ini punya beberapa keunggulan yang bisa membantu memudahkan pekerjaan para tenaga medis.

"Robot KECE ini memiliki kemampuan khusus untuk membantu kerja para tenaga medis. Mulai dari mengantar makanan, alat medis hingga menjadi alat sterilisasi ruangan," kata perempuan nomor satu di Jatim itu.

"Tidak hanya itu, robot ini dilengkap dengan komunikasi berbasis video yang tentu akan menunjang kinerja tenaga medis dari jarak jauh," lanjutnya.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan ini, Khofifah berencana untuk menempatkan dua robot KECE buatan Unesa untuk membantu penanganan asien di RS Lapangan di Jalan Indrapura Surabaya.

"Rencananya akan mulai bertugas dalam dalam minggu ini di RS Darurat Lapangan," katanya.

Sebelumnya, robot KECE ini telah dikenalkan ke publik pada pertengahan Juni lalu oleh Rektor Unesa Prof Nur Hasan.

"Robot ini proses pembuatannya melibatkan dosen, mahasiswa, dan alumnus dari Fakultas Teknik Unesa dan mampu mengangkut perawat dengan bobot hingga 100 kilogram," imbuhnya.

Dengan fitur-fitur yang ada saat ini, Nur Hasan berharap kedepan pihaknya akan kembali mengembangkan robot KECE ini. Salah satunya dengan penambahan musik terapi di dalamnya.

"Ke depan, kami juga mengupayakan ada musik terapi agar para pasien bahagia. Lagu-lagu yang diputar juga lagu yang lagi ngetren," tutupnya.


Loading ..