beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

Kemendikbud Luncurkan Program Sekolah Penggerak, Apa Tujuannya?

Shelly Lisdya,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kemendikbud Luncurkan Program Sekolah Penggerak, Apa Tujuannya?
Image: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim. (Instagram @nadiemmakarim)

Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim meluncurkan Program Sekolah Penggerak yang merupakan program lanjutan dari Merdeka Belajar Episode 7, pada Senin (1/2/2021) kemarin.

Nadiem menjelaskan, Program Sekolah Penggerak merupakan katalis untuk mewujudkan visi reformasi pendidikan Indonesia yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa, secara holistik melalui enam Profil Pelajar Pancasila.

“Program ini dirancang sebagai upaya untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global,” ujar Nadiem seperti dikutip dari laman Kemendikbud, Rabu (3/2).

Secara umum, Program Sekolah Penggerak fokus pada pengembangan SDM sekolah, mulai dari siswa, guru hingga kepala sekolah. Kemudian, kualitas peserta didik diukur melalui pencapaian hasil belajar di atas level yang diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, inklusif, dan menyenangkan.

“Melalui pembelajaran yang berpusat pada siswa, kami akan ciptakan perencanaan program dan anggaran yang berbasis pada refleksi diri, refleksi guru, sehingga terjadi perbaikan pada pembelajaran dan sekolah melakukan pengimbasan,” tandasnya.

FYI nih guys, pendaftaran Program Sekolah Penggerak dimulai dari kepala sekolah. Pendaftaran dibuka untuk kepala sekolah semua jenjang pendidikan, dimulai dari PAUD (5-6 tahun), SD, SMP, SMA dan SLB.

Kemudian, untuk kepala sekolah yang ingin menjadi bagian dari program ini dapat segera mendaftar sebelum 6 Maret 2021 di laman berikut.

Sementara terkait informasi Program Sekolah Penggerak dapat dilihat di sini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait