beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

Kementerian Agama Salurkan Beasiswa untuk 1.540 Mahasiswa Hindu

Ahmad Sidik,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kementerian Agama Salurkan Beasiswa untuk 1.540 Mahasiswa Hindu
Image: Ilustrasi umat Hindu. (Dok. Kemenag)

Jakarta - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu (Ditjen Bimas Hindu) Kementerian Agama (Kemenag) menyalurkan beasiswa bagi 1.540 mahasiswa Hindu dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. 

Plt Dirjen Bimas Hindu Komang Sri Marheni menyebut ada sembilan jenis beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa Strata-1 (S1), Strata-2 (S2), dan Strata-3 (S3).

Selain menargetkan mahasiswa, kata Marheni, program beasiswa ini juga menyasar guru dan dosen Hindu. Ia berharap kebijakan ini dapat berdampak pada peningkatan kualitas Pendidikan Agama Hindu di Indonesia.

“Ada beasiswa khusus untuk guru dan dosen Hindu, karena ada banyak tenaga pengajar kita yang masih perlu upgrade kualifikasi agar kualitas pendidikan Hindu semakin baik,” kata Marheni, mengutip laman Kemenag, Kamis (28/7/2022).

Selain itu, Marheni berharap beasiswa ini dapat menjawab permasalahan kekurangan guru agama Hindu, di mana ini menjadi permasalahan krusial yang tengah dihadapi umat Hindu.

“Lulusan penerima beasiswa ini kita harapkan nanti dapat kembali ke daerah untuk mengabdi memberikan pengajaran agama Hindu. Khususnya, di wilayah-wilayah yang kekurangan guru agama Hindu,” terangnya.

Sebagai informasi, tahun ini pengajuan beasiswa S2 dan S3 dilakukan melalui Ditjen Bimas Hindu. Sedangkan beasiswa S1 diajukan melalui Perguruan Tinggi Hindu yang di bawah binaan Kementerian Agama RI.

Adapun sembilan jenis beasiswa yang disalurkan di antaranya: 

1. Prestasi Akademik pada PTKH Swasta, 

2. Beasiswa KIP Kuliah, 

3. Beasiswa Bidikmisi pada PTKH Swasta,

4. Beasiswa S2 bagi Calon Dosen, 

5. Beasiswa S2 bagi Mahasiswa Lulusan S1 Cumlaude di Lingkungan PTKH, 

6. Beasiswa S3 bagi Dosen di Lingkungan PTKH dan PTU,

7. Beasiswa S1 Guru Agama Hindu Non-PNS, 

8. Beasiswa S2 Guru Agama Hindu Non-PNS, dan 

9. Beasiswa S2 Utama Widya Pasraman.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait