beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Kenali Contoh Humble Bragging, Pamer Terselubung dengan Merendah

Kintan Lestari,
17 November 2022 18.15.52 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kenali Contoh Humble Bragging, Pamer Terselubung dengan Merendah
Image: Ilustrasi humble bragging. (Freepik/tirachardz)

Jakarta - Pamer, siapa sih yang nggak pernah pamer sesuatu? Tanpa disadari kayaknya kita semua pernah melakukannya deh. Pamer sendiri ada banyak jenisnya. 

Ada orang yang pamer karena dia memang lagi bahagia sehingga rasanya ingin memberitahu hal menyenangkan itu ke banyak orang. Tapi ada juga tipe orang pamer yang menyebalkan. Salah satu orang pamer yang menyebalkan adalah humble bragging, yaitu orang yang merendah untuk pamer.

Menurut sebuah studi yang dilakukan Harvard dan University of North Carolina Chapel Hill yang dirilis di Journal of Personality and Social Psychology tahun 2018, humble bragging ada di mana-mana. Artinya siapa saja pernah melakukannya. 

“Ini fenomena yang sangat umum. Kita semua mengenal beberapa orang dalam hidup kita, baik di media sosial atau di tempat kerja, yang melakukan hal yang menyebalkan ini,” kata penulis studi Ovul Sezer, asisten profesor perilaku organisasi di Kenan-Flagler Business School UNC seperti dikutip dari Time.

Sezer dan timnya melakukan serangkaian percobaan, dan mereka menetapkan bahwa ada dua jenis humblebrag. Yang pertama jenis yang suka mengeluh, yang kedua menghina. Perempuan misalnya, mereka sering menghina diri gendut, kulitnya hitam, lalu mengeluh boros belanja, tidak punya baju, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk tahu lebih jelas soal humble bragging, kalian bisa lihat contoh di bawah ini, Urbanreaders!

1668596500-humble-bragging-2.jpgSumber: Ilustrasi humble bragging. (Freepik/gpointstudio)

Humblebrag dengan Mengeluh

- "Duh, tas ini cepet rusak deh, nggak kayak tas Gucci aku". Bisa diketahui kan apa yang ingin dipamerkan orang tersebut? Yap, tas Gucci miliknya. 

- "Ihh masa aku nggak boleh masuk gara-gara disangka anak SMA, padahal aku udah 30 tahun dan punya anak 2". Contoh ini menunjukkan kalau orang tersebut pamer dirinya awet muda.

- "Aku boros banget belanja skincare dan makeup bulan ini, sampai habis Rp 10 juta". Sambil menunjukkan foto struk belanjaan, orang tersebut ingin menunjukkan produk kosmetiknya yang bermerek mahal.

Humblebrag dengan Menghina

- "Aku gendutan banget deh, sebentar lagi kayaknya celana aku nggak bakal muat". Padahal kenyataannya orang lain melihat tubuhmu langsing dan proporsional. 

- "Wah perhiasan kamu banyak banget. Aku mah nggak kayak kamu. Perhiasan aku cuma satu, Oppenheimer Blue doang". Si orang tersebut seakan menghina dirinya yang hanya punya satu buah perhiasan, padahal harga satu Oppenheimer Blue mungkin lebih mahal dibanding banyaknya perhiasan milik temannya.

- "Lihat deh, kulit aku hitam banget kan. Ini tuh gara-gara kemarin surfing di Raja Ampat". Dari kalimat ini, orang tersebut ingin memamerkan dirinya habis trip ke Raja Ampat namun dengan menghina dirinya lewat kulitnya yang menggelap.

Dari contoh di atas, kini kamu paham kan apa itu humble bragging. Coba deh ingat-ingat, apa kamu pernah melakukan seperti contoh di atas, Urbanreaders?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait