beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Kepala Keamanan TikTok Mundur dari Jabatan

Ahmad Sidik,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kepala Keamanan TikTok Mundur dari Jabatan
Image: Ilustrasi Tiktok (Pixabay/antonbe)

Jakarta - Kepala bagian keamanan global TikTok Roland Cloutier mengundurkan diri dari perannya untuk mengawasi keamanan dunia maya.

Melansir laman The Indian Express, Sabtu (16/7/2022), keputusan itu diambil untuk mengikuti perubahan terbaru dari sisi keamanan pada aplikasi berbagi video milik ByteDance Cina itu. 

Selain itu, pengunduran diri Roland Cloutier juga bagian dari semakin ketatnya pengawasan keamanan pada regulator Amerika terhadap penggunaan data pribadi.

“Dengan pengumuman kami baru-baru ini tentang perubahan manajemen data di AS, inilah saatnya bagi saya untuk beralih dari peran saya sebagai Chief Security Officer Global menjadi peran penasihat strategis yang berfokus pada dampak bisnis dari program keamanan dan kepercayaan, bekerja langsung dengan (CEO) Shou, (ByteDance VP of Technology) Dingkun dan para pemimpin senior lainnya,” kata Cloutier.

Sebagai informasi, Cloutier masuk dua tahun lalu untuk membantu TikTok menangani masalah keamanan siber serta masalah keamanan data yang unik untuk TikTok karena kepemilikannya di China.

Namun, TikTok telah merombak tim keamanan globalnya dan memindahkan masalah keamanan khusus China, termasuk membatasi dari ByteDance, ke tim yang lebih terlokalisasi.

Perusahaan sedang mendiskusikan struktur di mana tim akan beroperasi secara mandiri dan tidak berada di bawah kendali atau pengawasan TikTok.

Kemudian, TikTok yang kepemimpinannya berbasis di Amerika Serikat dan Singapura, sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan tim keamanan data serupa di wilayah lain termasuk UE.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait