beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Perjalanan TikTok Berhasil Salip Jumlah Penonton YouTube

Fitri Nursaniyah,
14 Juli 2022 12.55.50 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Perjalanan TikTok Berhasil Salip Jumlah Penonton YouTube
Image: Ilustrasi TikTok. (TechCrunch)

Jakarta - TikTok berhasil menyalip jumlah penonton YouTube dalam rata-rata menit per hari untuk kategori pengguna usia 4 hingga 18 tahun sejak Juni 2020.

Dikutip dari TechCrunch, pengguna usia anak-anak hingga remaja menggunakan waktu rata-rata 75 menit per hari di YouTube dan 82 menit di TikTok.

Sejak saat itu, TikTok terus menggaet penonton pada usia anak-anak dan remaja hingga pada akhir tahun 2021 mereka menonton rata-rata 91 menit di TikTok. Sementara di YouTube rata-rata 56 menit per hari.

Data ini didapatkan dari Qustodio yang menganalisis 400.000 keluarga yang memiliki akun TikTok dan YouTube dengan layanan pemantauan orang tua dalam ponsel pintar mereka.

Data menunjukkan bagaimana tren menonton telah berubah dari waktu ke waktu. Nyatanya anak-anak sekarang lebih banyak menonton video online daripada menonton yang lain. Baru lah mereka akan beralih ke aplikasi favorit mereka.

Menurut temuan Qustodio, YouTube masih unggul pada tahun 2019 karena anak-anak dan remaja menghabiskan rata-rata 48 menit per hari di platform tersebut. Penonton TikTok hanya rata-rata 38 menit per hari.

Namun, dengan penggeseran penggunaan yang terjadi pada Juni 2020, TikTok menjadi yang teratas untuk rata-rata penonton per hari sejak tahun 2020. Rata-rata pengguna akan menonton TikTok 75 menit per hari, dibandingkan dengan YouTube yang rata-rata penontonnya adalah 64 menit per hari.

Pada tahun 2021, pertumbuhan penonton TikTok melesat. Rata-rata pengguna menghabiskan 91 menit per hari di TikTok dan 56 menit di YouTube.

Negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Spanyol turut menunjukkan perubahan luar biasa secara regional.

Misalnya, di Amerika Serikat anak-anak dan remajanya menghabiskan rata-rata 99 menit per hari di TikTok sementara di YouTube hanya menghabiskan 61 menit per hari.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait