beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Ketika Makanan Tradisional Dimodifikasi Jadi Kekinian...

Fitri Nursaniyah,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ketika Makanan Tradisional Dimodifikasi Jadi Kekinian...
Image: PIXABAY/shutterbug75

Jakarta - Memodifikasi makanan tradisional tampaknya sudah jadi tren di dunia kuliner. Hal ini dilakukan tentu demi memanjakan konsumen yang mungkin bosan dengan penampakan makanan tradisional tapi tak mau kehilangan rasa aslinya.

Hal ini pun turut dicoba oleh Subway lewat menu barunya, Beef Se’i Sambal Lu’at yang baru diluncurkan pada Sabtu (6/8/2022). Subway mengundang para tamu untuk menikmati hidangan khas sempurna yang berasal dari suku Rote di Nusa Tenggara Timur (NTT), sandwich pertama oleh Subway yang terinspirasi dari masakan Indonesia!

Se’i sapi merupakan salah satu kuliner khas NTT yang mulai popular di kalangan masyarakat Indonesia. Di momen kemerdekaan Indonesia ini, Subway merasa terpanggil untuk memperkenalkan Se’i sapi, pilihan kuliner Indonesia yang unik dan memiliki cita rasa yang khas, tidak hanya di Indonesia tetapi juga untuk dunia.

“Dengan dukungan Subway pusat, kami dapat menyesuaikan menu yang memenuhi selera dan  preferensi lokal namun tetap mengikuti pedoman yang sudah ditetapkan. Indonesia berniat memperkenalkan Beef Se’i Sambal Lu’at, makanan unik dari Indonesia seperti halnya India yang terlebih dahulu memiliki menu Paneer Tikka dan Corn & Peas, Arab Saudi memiliki menu Halloumi, dan Australia memiliki menu Schnitzel and Slaw. Sembari merayakan kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan Agustus, kami berharap penambahan menu baru ini akan memperkuat kecintaan kita pada negara dengan menikmati sandwich yang dibuat dengan makanan khas dari Indonesia,” ungkap Anthony Cottan, Presiden Direktur PT Map Boga Adiperkasa Tbk.

“Begitu banyak permintaan untuk menghadirkan menu khas Indonesia di Subway. Tahun ini, Subway menghadirkan Beef Se’i Sambal Lu’at, hidangan otentik khas NTT, bersamaan dengan memperingati Kemerdekaan Indonesia. Melalui menu baru ini, kami ingin menunjukkan bahwa makanan lokal dapat dinikmati dengan roti yang biasanya banyak dinikmati di negara-negara barat. Mengapa kami memilih Beef Se’i Sambal Lu’at sebagai menu baru, karena alasan yang sangat sederhana, kami ingin memberikan sesuatu yang segar dan unik kepada tamu kami. Se’i sapi adalah makanan Indonesia yang luar biasa, yang perlu dikenal lebih luas lagi. Kami berharap agar menu Beef Se’i Sambal Lu’at dan roti lebih mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia” ungkap Silvia Muryadi, Head of Marketing Subway.

Se’i sapi adalah jenis daging asap yang dibuat berbeda dari jenis daging asap lainnya dengan terlebih dahulu diiris tipis-tipis memanjang. Sebelum diasap, daging untuk Se’i ini akan dibumbui agar cita rasa dapat menyatu sempurna dan menciptakan perpaduan rasa asin, gurih, dan manis alami yang khas. Itulah yang membuatnya istimewa.

Sama halnya ketika menikmati dengan nasi, sambal merupakan elemen penting untuk meningkatkan rasa Beef Se’i. Secara umum, sambal Khas NTT disebut sambal Lu’at, dibuat dengan kombinasi daun jeruk, jeruk nipis, dan cabai. Aroma jeruk nipis yang kuat dan pedas, serta rasa asamnya akan meningkatkan rasa alami daging dan digunakan untuk menemani santapan Beef Se’i di NTT. Sandwich Beef Se’i ditambahkan dengan sambal Lu’at dan disajikan dengan roti foot-long (sekitar 30cm) atau 6 inci (sekitar 15 cm) adalah cara yang lezat menikmati menu baru ini.

Silvia juga menambahkan, untuk memastikan bahwa tamu kami dapat menikmati berbagai macam hidangan, Subway akan terus berinovasi dengan menu-menu baru yang menarik yang disesuaikan dengan selera lokal. Menu ini nantinya akan melengkapi menu yang sudah ada di Indonesia. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait