menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Kini Mesin Cuci Dibekali Kecerdasan Buatan, Ini Manfaatnya

Afid Ahman,
18 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kini Mesin Cuci Dibekali Kecerdasan Buatan, Ini Manfaatnya
Image: Samsung Smart EcoBubble. (Dok. Samsung)

Jakarta - Teknologi kecerdasan buatan atau AI tidak hanya tersemat di smartphone saja, bahkan kini mesin cuci pun dibekali kemampuan serupa. Apa manfaatnya?

Adalah Samsung yang menjadi salah satu perusahan elektronik yang menyematkan AI pada perangkat mesin cuci. Dan itu kita bisa lihat di Samsung Smart EcoBubble yang baru saja dirilis di Indonesia.

Hendry Wijaya, Senior Product Marketing Manager Home Appliances, Samsung Electronics Indonesia, menjelaskan mesin cuci barunya didesain dengan tampilan yang simpel dengan tujuan agar mesin cuci ini gampang dioperasikan oleh seluruh anggota keluarga di rumah secara fleksibel. 

Hal tersebut bisa terwujuf berkat AI Control Panel. Panel utama mesin cuci ini hanya menampilkan tombol utama dan sejumlah informasi yang relevan, misalnya status pencucian atau notifikasi error.

Terdapat pula AI Pattern yang akan mempelajari siklus dan pengaturan yang pernah dipilih lalu setelah 25 kali penggunaan akan otomatis memprioritaskannya untuk cepat diakses di panel kontrol. 

Jadi, pengguna cukup tekan Start, tak perlu repot mengatur setting mesin cuci dari awal. AI Pattern juga mampu merekomendasikan siklus tertentu berdasarkan pembelajaran terhadap siklus pencucian sebelumnya pada hari-hari tertentu dalam seminggu atau pada waktu tertentu.

1619058811-Samsung-Smart-Ecobubble-Washer.jpgSumber: Samsung Smart EcoBubble. (Dok. Samsung)

Samsung Smart EcoBubble dapat dioperasikan melalui aplikasi SmartThings di ponsel Android maupun iPhone. Pada saat konsumen tidak berdekatan dengan mesin cuci mereka, mereka dapat memonitor pencucian sambil mengerjakan hal lain seperti menuntaskan pekerjaan kantor yang sudah mendekati deadline, membantu anak belajar atau mengurus kebutuhan bayi.

SmartThings juga menyajikan fitur Laundry Recipe, rekomendasi pencucian yang paling sesuai berdasarkan jenis pakaian yang dicuci. Dan satu lagi innovasi menarik, saat pengguna pergi ke luar rumah dan tak tahu pasti jam berapa akan pulang, tersedia Laundry Planner.

Fitur ini untuk memulai dan mengakhiri pencucian kapan pun kamu inginkan, sehingga cucian tidak akan berbau atau kusut karena ditinggal terlalu lama dan tidak segera dibilas dan dikeringkan.

"Di Samsung, kami berkomitmen untuk memudahkan kehidupan setiap keluarga di Indonesia dengan inovasi yang tepat, yakni memanfaatkan AI untuk pencucian yang intuitif. Tidak perlu lagi bingung memilih mode dan lama pencucian, AI akan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi sesuai kebiasaan penggunanya, menghasilkan cucian yang bersih sekaligus juga hemat daya," kata Hendry.

Samsung Smart EcoBubble Washer telah tersedia di Indonesia dalam kapasitas 7kg, 8kg, 9kg, 9.5kg, 11kg dan dijual dengan harga mulai dari Rp 6.499.000 hingga Rp 13.999.000.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait